Sukses

5 Cara Menjaga Kesehatan Telinga

Telinga merupakan salah satu organ tubuh yang paling penting, namun terkadang luput untuk diperhatikan.

Afrin Semprot Hidung

KlikDokter.com – Tahukah Anda, terdapat jutaan gangguan pendengaran yang bisa mengancam Anda jika Anda tidak menjaga kesehatan telinga?

Gangguan pada telinga disebabkan oleh berbagai macam hal, seperti cedera telinga, kotoran telinga, tumor, cacat lahir/bawaan, infeksi, efek obat, dan masih banyak lagi.

Apabila tidak ditangani dengan baik, hal yang paling ditakuti tentunya adalah kehilangan pendengaran. Inilah alasan mengapa kesehatan telinga sangat penting untuk diperhatikan.

Berikut ini di halaman selanjutnya adalah lima kiat untuk menjaga kesehatan telinga:

1 dari 2 halaman

5 Cara Menjaga Kesehatan Telinga

Afrin Semprot Hidung

Berikut ini adalah lima kiat untuk menjaga kesehatan telinga:

1. Bersihkan Daun Telinga Saja

Jika Anda ingin membersihkan telinga, sebaiknya bersihkan bagian luar atau daun telinganya saja, karena dalam keadaan normal telinga memiliki kemampuan untuk membersihkan dirinya sendiri. Bentuk telinga yang bersudut dan terdapat bulu-bulu halus dapat menjaga telinga dari masuknya kotoran atau debu yang berlebih. Jadi Anda tidak perlu membersihkan hingga bagian dalamnya, cukup daun telinganya saja. Akan tetapi, jika kotoran dirasa sudah menumpuk atau menyumbat dan pendengaran sudah mulai terganggu, sebaiknya jangan membersihkan atau mengoreknya sendiri. Periksakanlah telinga Anda ke dokter spesialis Telinga Hidung Tenggorok (THT) untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

2. Hindari Penggunaan Cotton Buds

Membersihkan telinga dengan cotton buds merupakan kebiasaan yang kurang baik. Cotton buds dapat membuat serumen (kotoran telinga) terdorong ke dalam liang telinga yang lebih dalam. Jika kotoran tersebut mengendap terlalu lama, kotoran dapat mengeras di dalam liang telinga. Cotton buds juga rentan tertinggal di dalam liang telinga, sehingga dapat menyumbat gendang telinga dan mengakibatkan pendengaran berkurang. Cotton buds sebaiknya digunakan untuk membersihkan daun telinga saja. Kotoran di sekitar liang telinga justru diperlukan untuk melindungi telinga, termasuk mengangkat debu dari luar agar tidak masuk ke dalam telinga. Selain itu, hindari juga membersihkan telinga dengan menggunakan jari tangan atau benda lainnya.

3. Hindari Berada di Lingkungan yang Bising

Terlalu sering berada di lingkungan yang bising dapat menjadikan organ pendengaran tuli. Jika terpaksa harus sering atau dalam jangka waktu lama berada dalam lingkungan yang bising, misalnya bekerja di pabrik, maka sebaiknya gunakanlah pelindung telinga agar kelak organ pendengaran tidak terganggu.

4. Hindari Penggunaan Earphone

Penggunaan earphone dalam jangka waktu lama dapat mengganggu pendengaran, terutama bagi Anda yang memiliki kebiasaan mendengarkan musik memakai earphone di jalan atau sebelum tidur. Sebaiknya atur waktu penggunaan earphone dengan cara menggunakannya kurang dari satu jam, dan saat menggunakan earphone jangan menggunakan volume yang terlalu keras.

5. Memeriksa Telinga ke Dokter

Cara menjaga kesehatan telinga yang terakhir adalah dengan berkunjung ke dokter spesialis THT. Untuk anak-anak sebaiknya enam bulan sekali, sedangkan orang dewasa, jika tidak ada kelainan anatomi atau struktur telinga dan dalam keadaan sehat, dapat memeriksakan telinganya setahun sekali. Jika terdapat gejala atau gangguan telinga yang tidak jelas penyebabnya, sebaiknya segera konsultasikan keluhan Anda kepada dokter spesialis THT.

3 Komentar

  • Ancha

    assalamu alaikum. gini dok sy punya penyakit telinga.. telinga sy suka gatal dan daun telinga sy berminyak dulu waktu pakai obat tetes otopain sempat membaik tpi setelah habis kambuh lgi apakah sy hrus pakai lg obat tetes.y

  • Sunarto Narto

    permisi dr. saya mau tanya. saya pernah berobat ke dokter umum di kampung saya. saat saya sakit telinga. pada saat di periksa kata dr. nya bagian gendang telinga saya ada lobang kecil atau robek. tp saya hanya di beri obat pil. tp.hingga saat ini kuping saya belum sembuh. sebab pendengaran saya masih terasa kurang jelas. dan terasa kaya ada yg menutupi pendengaran saya. tolong dokter penjelasan penyakit saya dan cara pengobatannya gimana. terima kasih.

  • Muhammad Alamsyah

    telinga saya berdengung dok, kadang kadang keluar cairan. mohon bantuan nya