Sukses

Menjaga Kulit Tetap Sehat Saat Berolahraga

Berolahraga di luar ruangan mungkin bagus untuk tubuh, tapi belum tentu bagus untuk kulit Anda.

KlikDokter.com – Berolahraga sambil melihat pemandangan indah di luar memang menyenangkan, tapi hal ini bisa menjadi musuh bagi kulit.

“Bahaya utama jika Anda berolahraga di luar ruangan adalah paparan sinar matahari,” ungkap April Armstrong, MD, asisten profesor dermatologi di University of California. Sinar matahari tidak hanya dapat membuat wajah tampak lebih tua, tetapi juga meningkatkan risiko kanker kulit. Tidak mau ‘kan jika tubuh Anda bugar, tapi kulit Anda malah bermasalah?

Armstrong menambahkan, waktu yang tepat untuk menghindari olahraga di luar ruangan adalah pukul 10 pagi hingga 4 sore. Namun jika Anda memang harus berolahraga saat matahari sedang puncak-puncaknya, maka gunakanlah tabir surya. Untuk Anda yang memiliki kulit berminyak atau masalah dengan jerawat, pilih produk bebas minyak dengan perlindungan SPF.

Meski demikian, jangan hanya mengandalkan tabir surya sendiri untuk melindungi kulit. Karena keringat yang mengucur saat Anda berolahraga dapat melunturkan tabir surya, sehingga meningkatkan kemungkinan wajah jadi terbakar. Untuk perlindungan tambahan, kenakan pakaian yang benar-benar menutupi kulit dan topi.

Untuk mencegah ruam atau masalah kulit lainnya setelah berolahraga, Anda bisa menerapkan kiat-kiat di halaman berikut ini:

1 dari 2 halaman

Menjaga Kulit Tetap Sehat Saat Berolahraga

H2 Health & Happiness

 Untuk mencegah ruam atau masalah kulit lainnya setelah berolahraga, Anda bisa menerapkan kiat-kiat di berikut ini:

  • Pastikan kulit Anda bersih sebelum berolahraga untuk mencegah pori-pori tersumbat yang menyebabkan jerawat.

  • Jika memiliki masalah kulit seperti eksim atau jerawat, maka keringat dan suhu panas dapat memperparah keluhan. Untuk itu, pilihlah olahraga yang memberikan rasa sejuk seperti berenang. Atau berolahraga di tempat yang sejuk atau pada saat suhu luar ruangan sudah tidak terlalu panas.

  • Kenakan pakaian berbahan katun atau pakaian yang tidak terlalu ketat, sehingga kulit bisa mudah bernapas.

  • Mandi setelah berolahraga. Agar kulit tidak menjadi kering setelah mandi, oleskan pelembap kulit untuk membantu mencegah iritasi kulit.

  • Hindari memakai riasan ketika berolahraga. 

0 Komentar

Belum ada komentar