Sukses

Hati-Hati, Gula Bisa Bikin Keriput

Gula memiliki manfaat besar dalam kandungannya, namun konsumsi yang berlebihan justru akan merusak kesehatan kulit.

KlikDokter.com –  Apakah Anda termasuk orang yang tidak bisa ‘berpisah’ dengan gula atau makanan tinggi gula meski hanya sehari? Jika ya, sebaiknya Anda mulai berhati-hati dari sekarang! Walaupun nikmat di lidah, makanan yang tinggi gula mengandung lebih banyak kalori dan miskin unsur nilai gizi. Karenanya, makan terlalu banyak gula tidak hanya menyebabkan penambahan berat badan, tetapi juga menimbulkan berbagai masalah lain. Salah satunya adalah keriput. 

Ketika Anda mengonsumsi gula atau makanan tinggi glikemik — entah itu dalam bentuk apel atau sepotong kue – tubuh akan menghancurkan karbohidrat menjadi glukosa dan menyebabkan kenaikan insulin. Saat insulin naik, dapat terjadi ledakan peradangan di dalam tubuh. Peradangan tersebut memproduksi enzim yang dapat memecah kolagen dan elastin – dua protein serat yang bertugas menjaga kulit tetap kencang serta elastis. Setelah rusak, kolagen dan elastin menjadi rapuh sehingga menyebabkan kulit mengendur.

Gula yang dicerna juga dapat melekat secara permanen pada kolagen kulit melalui proses yang dikenal sebagai glikasi. Selain meningkatkan efek penuaan, glikasi dapat memperburuk kondisi kulit, misalnya jerawat. Tak heran bila semakin banyak gula yang Anda konsumsi, semakin Anda akan mengalami resistensi insulin.

Meski demikian, tidak ada kata telat bagi Anda yang ingin mengubah gaya hidup. Bagaimana caranya? Penjelasan selengkapnya di halaman selanjutnya.

1 dari 2 halaman

Hati-Hati, Gula Bisa Bikin Keriput

H2 Health & Happiness

Mulai sekarang aturlah asupan gula yang masuk ke dalam tubuh. American Heart Association (AHA) telah merekomendasikan asupan gula yang sehat, yakni pria 36 gram atau 9 sendok teh; wanita 20 gram atau 5 sendok teh; dan anak-anak 12 gram atau 3 sendok teh.

Jika memang Anda merasa sulit untuk mengurangi gula, Anda bisa mengganti gula biasa dengan pemanis pengganti gula, dengan rasa manis lebih dari 10 kali lipat dan jumlah kalori 0 (atau tidak mengandung kalori sama sekali).

Selain itu, perbanyaklah konsumsi sayur dan buah yang kaya antioksidan. Jangan lupa untuk minum air putih secara cukup untuk menjaga hidrasi kulit, karena kulit yang mengalami dehidrasi akan mudah timbul kerutan halus. 

0 Komentar

Belum ada komentar