Kulit

5 Kebiasaan Sehari-hari yang Merusak Kulit

dr. Jessica Florencia, Sp.PK, 20 Mei 2015

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Jangan salah, kebiasaan sehari-hari yang kita anggap lumrah ternyata dapat membuat kulit cepat rusak dan menua.

5 Kebiasaan Sehari-hari yang Merusak Kulit

KlikDokter.com - Kulit adalah organ tubuh paling besar dan paling luar yang sangat penting bagi tubuh. Fungsinya sangat luas mulai dari menjaga suhu tubuh hingga menunjang penampilan secara keseluruhan.

Tanpa kita sadari, setiap hari kita banyak sekali melakukan kebiasaan-kebiasaan yang dapat membuat kulit kita lebih cepat rusak dan menua. Hal-hal itu sering kali kita anggap sepele, tapi sebenarnya berdampak besar bagi fungsi dan penampilan kulit. Terdapat 5M yang merupakan kebiasaan merusak kulit yang harus segera kita hentikan dan hindari:

1. Menantang Matahari

Wanita Indonesia yang hidup di khatulistiwa harus memberikan perhatian khusus terhadap sinar matahari. Perlindungan dari sinar matahari adalah kunci penting perawatan kulit karena sinar matahari dapat menyebabkan kerutan, bercak cokelat, dan masalah kulit lainnya yang dapat timbul lebih cepat. Untuk membentengi diri terhadap sinar matahari, lakukanlah kiat-kiat berikut ini:

  1. Gunakanlah tabir surya
  2. Hindari matahari pukul 10 pagi hingga 4 sore
  3. Kenakan pakaian yang melindungi kulit dari sinar matahari

2. Merokok

Merokok dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah kulit bagian terluar sehingga aliran darah ke daerah tersebut menjadi berkurang. Ini dapat menimbulkan gangguan hantaran oksigen dan nutrisi untuk kulit. Selain membuat kulit tampak lebih tua dan cepat berkerut, merokok juga dapat merusak kolagen dan elastin, yang secara normal berperan dalam elastisitas dan kekencangan kulit.

3. Membersihkan Kulit Berlebihan

Membersihkan kulit setiap hari secara berlebihan ternyata malah dapat membahayakan kulit. Untuk itu, bersihkanlah kulit dengan lembut dan tepat:

  • Batasi waktu mandi karena mandi yang terlalu lama dapat menghilangkan lapisan minyak alami kulit yang berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit.
  • Hindari sabun atau pembersih yang terlalu kuat karena dapat menghilangkan lapisan minyak alami pada kulit. Pilihlah sabun atau pembersih kulit yang lembut dan mengandung pelembap agar kelembapan kulit terjaga. Salah satu penelitian menunjukkan bahwa jika setiap orang menggunakan sabun yang berpelembap, maka masalah kulit benar-benar dapat dikurangi.
  • Keringkanlah kulit yang basah dengan menepuk-nepuk. Setelah mandi atau membersihkan kulit, jangan mengusap terlalu keras agar tidak menghilangkan lapisan alami pelembap kulit.
  • Gunakan pelembap. Jika kulit Anda termasuk kulit kering, gunakanlah pelembap yang sesuai dengan kulit Anda.

4. Makan Makanan Tidak Sehat

Sering kali kita menginginkan makanan yang cepat dan tidak menyulitkan. Sayangnya kebanyakan makanan-makanan tersebut merupakan makanan cepat saji yang mengandung banyak oksidan yang dapat merusak kulit. Makanan-makanan ini justru sebaiknya dihindari. Makanan sehat seperti buah-buahan, sayur, dan biji-bijian serta protein tanpa lemak dapat membantu kulit tampak lebih segar.

5. Mengabaikan stres

Stres dapat menyebabkan munculnya jerawat dan membuat kulit menjadi lebih sensitif. Kulit sehat selalu berawal dari pikiran yang sehat. Untuk itu, jangan abaikan stres dan membiarkannya terus-menerus terjadi. Belajarlah untuk mengendalikan stres ketika stres memang tidak dapat dihindari.

Hindari 5M, maka kulit dapat makin cerah, lembap, dan awet muda! 

kulit putihMasalah Kulitsehatcantik

Konsultasi Dokter Terkait