Sukses

Inilah Dampak Dari Gusi Turun

Jangan pernah menyepelekan penyakit gusi apalagi penurunan gusi. Apa saja penyebab dan dampaknya? Simak penjelasannya di sini.

Penurunan gusi atau istilah medisnya resesi gingiva merupakan salah satu kelainan yang banyak dijumpai pada pasien yang berobat ke dokter gigi. Penyebab kondisi tersebut meliputi faktor umur, anatomi rongga mulut, fisiologi, patologi, trauma, dan kebersihan mulut.

Indikasi dari terjadinya kerusakan gusi yang berupa turunnya gusi ke arah akar gigi adalah gigi terlihat lebih panjang. Hal ini akan menjadi masalah estetika apabila terjadi pada gigi depan, sehingga apabila orang tersenyum atau berbicara maka akan tampak jelas keadaan tersebut.

Selain itu, terbukanya bagian gigi yang pada awalnya terlindung gusi membuat gigi menjadi lebih sensitif.

Jadi, bagaimana caranya untuk menjaga menjaga gusi tetap sehat? Halaman berikut penjelasannya:

1 dari 2 halaman

Inilah Dampak Dari Gusi Turun

Jadi, bagaimana caranya untuk menjaga menjaga gusi tetap sehat? 

  • Menyikat gigi dengan benar. Caranya adalah dengan menyikat gigi secara vertikal yaitu dari arah gusi ke gigi. Pastikan seluruh permukaan gigi tersikat, jangan tergesa-gesa, dan gunakan tekanan yang sedang saat menyikat gigi

  • Pilih pasta gigi yang mengandung Zinc Citrate yang berfungsi melindungi mulut dari bakteri dan plak selama 24 jam serta menjaga kesehatan gusi

  • Rajin sikat gigi pada waktu yang tepat, yaitu pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur

0 Komentar

Belum ada komentar