Sukses

Kolesterol Tinggi = Stroke

Tidak hanya penyakit jantung, kolesterol tinggi ternyata juga dapat meningkatkan risiko penyumbatan pembuluh darah otak.

KlikDokter.com – Agar dapat berfungsi dengan baik, otak memerlukan suplai oksigen dan nutrisi yang dibawa melalui pembuluh darah arteri. Apa yang terjadi jika pembuluh darah tersebut tersumbat?

Gangguan mendadak pada aliran pembuluh darah otak disebut dengan stroke. Stroke terbagi ke dalam dua jenis, yaitu stroke sumbatan dan perdarahan. Stroke sumbatan terjadi jika kadar kolesterol dalam tubuh tinggi, sementara tekanan darah tinggi memiliki andil dalam terjadinya stroke perdarahan.

Kolesterol – terutama LDL – yang tinggi di dalam darah dapat menimbulkan plak yang menyumbat pembuluh darah otak. Aliran pembuluh darah yang terhenti juga akan menghentikan suplai makanan dan oksigen yang diperlukan bagi kelangsungan hidup sel otak. Hal tersebut akan menimbulkan kerusakan dan kematian sel otak yang dapat berujung kepada kerusakan otak sementara, permanen, bahkan kematian.

Berikut beberapa fakta kolesterol lainnya yang berhubungan dengan stroke:

1 dari 2 halaman

Kolesterol Tinggi = Stroke

Nutrive Benecol

Semakin tinggi kadar kolesterol, semakin tinggi pula risiko terjadinya stroke sumbatan. Namun sebaliknya, kadar kolesterol kurang dari yang seharusnya pun dapat meningkatkan risiko stroke perdarahan. Walaupun kolesterol yang berlebihan tidak baik bagi kesehatan, kadar kolesterol yang terlalu rendah pun tidak dianjurkan, karena bagaimanapun tubuh tetap membutuhkan kolesterol untuk menjalankan fungsinya.

Angka kematian akibat stroke tercatat paling rendah di kadar kolesterol total antara 180 sampai 200. Angka tersebut mengalami sedikit kenaikan pada kadar kolesterol di bawah 180 dan di atas 240. Sementara itu, kematian paling banyak terjadi jika kolesterol terlalu rendah (di bawah 160) dan terlalu tinggi (di atas 300). Oleh karena itu, penting untuk menjaga kadar kolesterol di level yang optimal.

Untuk tetap memastikan kadar kolesterol Anda tetap di batas optimal dan terhindar dari stroke, Anda dapat melakukan olahraga teratur, menjaga pola makan yang sehat, dan melakukan relaksasi agar terhindari dari stres. 

0 Komentar

Belum ada komentar