Sukses

Periksakan Kolesterol Anda Sekarang Juga!

Mengingat penyakit yang dapat ditimbulkan oleh kolesterol tinggi seperti serangan jantung dan stroke, sangat penting agar Anda memeriksakan kadar kolesterol sejak dini.

KlikDokter.com - Kolesterol dapat diketahui melalui pemeriksaan darah. Anda dapat mengunjungi laboratorium atau rumah sakit untuk hal ini. Tes kolesterol dengan alat stik dapat dilakukan sendiri di rumah, namun hasilnya tidak seakurat pemeriksaan yang dilakukan di dua tempat sebelumnya.

Sebelum melakukan pemeriksaan kolesterol, Anda harus berpuasa terlebih dahulu. Anda tidak boleh makan dan minum air ataupun obat selama 9-12 jam sebelum pemeriksaan. Jika ketentuan ini tidak diikuti, maka hasil pemeriksaan kolesterol dapat menjadi kurang akurat, karena kadar LDL dan trigliserida dipengaruhi oleh asupan dari luar.

Apa saja parameter yang perlu diperiksa? Halaman berikut penjelasan selengkapnya:

1 dari 3 halaman

Periksakan Kolesterol Anda Sekarang Juga!

Nutrive Benecol

Apa saja parameter yang perlu diperiksa?

Anda dapat memeriksakan kadar kolesterol total, LDL (kolesterol jahat), HDL (kolesterol baik), dan trigliserida. Berikut ini nilai-nilai normal dari parameter tersebut:

Kadar Kolesterol Total

Kategori

< 200

Baik

200-239

Agak Tinggi

>240

Tinggi

 

Kadar LDL

Kategori

<100

Optimal

100-129

Hampir optimal

130-159

Agak Tinggi

160-189

Tinggi

>189

Sangat Tinggi

 

Kadar HDL

Kategori

>60

Baik

<40

Berisiko

 

Kadar Trigliserida

Kategori

<150

Baik

150-199

Agak Tinggi

200-499

Tinggi

>499

Sangat Tinggi

Seberapa sering harus memeriksakan kolesterol? Halaman berikut penjelasan selengkapnya:

2 dari 3 halaman

Periksakan Kolesterol Anda Sekarang Juga!

Nutrive Benecol

Jika Anda berusia 20-40 tahun dan tidak memiliki riwayat ataupun faktor risiko penyakit jantung, menurut American Heart Association Anda cukup memeriksakan kolesterol setiap 4-6 tahun sekali. Jika Anda berusia 40 tahun ke atas dan juga tidak riwayat ataupun faktor risiko penyakit jantung, Anda dapat memeriksakan diri setiap 5 tahun.

Namun, lain halnya jika Anda memiliki penyakit jantung maupun faktor risikonya – terutama kolesterol tinggi – Anda harus memeriksakan kolesterol Anda setiap 12 bulan sekali. Anak yang memiliki penyakit kolesterol yang diturunkan secara genetik sudah perlu diperiksa sejak usia 10 tahun.

Memeriksakan diri itu penting, namun yang lebih penting lagi adalah menjaga agar jangan sampai terkena penyakit kolesterol tinggi. Hal tersebut dapat dilakukan dengan menjaga pola makan yang sehat, berolahraga teratur, menurunkan berat badan, dan berhenti merokok. 

0 Komentar

Belum ada komentar