Sukses

Diet Sehat untuk Menurunkan Berat Badan

Diet, bagi sebagian orang, merupakan hal yang sangat menyiksa. Itu mungkin terjadi karena diet yang dilakukan serba berlebihan atau tidak sehat. Sebenarnya, bagaimana rekomendasi diet yang dianjurkan?

Slim & Fit

KlikDokter.com - Diet adalah mengurangi pemasukan kalori yang Anda konsumsi. Jika pemasukan secara teratur melebihi pengeluaran, maka berat badan akan bertambah. Sebaliknya, jika pengeluaran kalori melebihi pemasukan, maka berat badan akan berkurang.

Contohnya: berat badan akan berkurang 0,5 kg setiap 35 hari bila tubuh berkurang asupan 100 kalori per hari; berat badan akan berkurang 0,5 setiap minggu bila tubuh berkurang asupan 500 kalori per hari; dan berat badan akan berkurang 1 kg/minggu apabila tubuh berkurang asupan 1000 kalori per hari.

Bagaimana diet yang sebaiknya dihindari?

Jika Anda ingin berdiet dan membatasi kalori, pengurangan kalori harian sebaiknya tidak boleh melebihi 1000 kalori. Karena Anda bisa kehilangan nutrisi yang penting, tingkat energi turun, dan akan membahayakan sistem kekebalan tubuh sehingga Anda pun menjadi rentan terhadap penyakit.

Berwaspadalah dengan setiap program yang menjanjikan hasil yang instan dan cepat. Air sendiri memiliki berat kira-kira 1 kg per 1 liter. Anda dapat dengan mudah mengurangi 1 kg berat badan Anda dalam 1 jam melalui keringat yang keluar. Karenanya, dehidrasi sangat tidak dianjurkan sebagai cara untuk mengurangi berat badan.

Bagaimana rekomendasi diet yang dianjurkan? Halaman selanjutnya selengkapnya.

1 dari 4 halaman

Diet Sehat untuk Menurunkan Berat Badan

Slim & Fit

Diet Sehat untuk Menurunkan Berat BadanBagaimana rekomendasi diet yang dianjurkan?

Program diet yang dianjurkan antara lain adalah yang mencakup: 60% karbohidrat, 25% lemak dan 15% protein; ditambah vitamin, mineral, dan air yang cukup. Anda mungkin berpikir bahwa diet berarti menghindari makanan, sering kali sarapan. Hal tersebut sebetulnya salah. Orang yang memiliki kadar gula darah rendah akan menunjukkan performa yang buruk pada pekerjaannya.

Selain itu, perhatikan juga kebiasaan makan atau minum Anda sehari-hari. Misalnya, apakah Anda selalu makan permen saat sedang bekerja? Apakah Anda selalu makan kue-kue manis dan kopi yang disediakan setiap saat Anda rapat? Anda dapat menghilangkan kebiasaan makan yang sebetulnya tidak perlu itu. Dan itu berarti Anda dapat menghilangkan beberapa ratus kalori per hari.

Contoh menu diet rendah kalori (1200 kalori):

  • Sarapan: 1 lembar roti gandum, 1 sdt selai kacang, susu tanpa lemak (200 ml)
  • Makan siang: 1/2 mangkuk nasi, dada ayam panggang tanpa kulit (±90 gr), sayuran bayam tumis, 1 potong pepaya/ nanas
  • Selingan sore: 1 cangkir yoghurt rendah lemak
  • Makan malam: 1/2 mangkuk nasi, 1 potong tim ikan, 1 mangkuk salad, 1 buah apel
  • Berat badan seseorang bisa bertambah bila tidak terjadi keseimbangan antara asupan kalori dan pengeluarannya. Jika pemasukan secara teratur melebihi pengeluaran, maka berat badan Anda akan bertambah.

Di atas usia 25 tahun, tubuh akan kehilangan kira-kira 4% dari sel yang aktif secara metabolis. Jika makanan tetap tidak berubah dalam periode 10 tahun, maka berat badan akan bertambah karena total pengeluaran energi akan berkurang. Hal ini berarti orang dewasa harus lebih sering berolahraga atau mengurangi konsumsi makanan untuk mempertahankan berat badan ideal. Berikut adalah hal-hal yang perlu Anda ketahui mengenai kalori dan kaitannya dengan berat badan:

Berapa kebutuhan kalori harian? Halaman selanjutnya selengkapnya.

2 dari 4 halaman

Diet Sehat untuk Menurunkan Berat Badan

Slim & Fit

Berapa kebutuhan kalori harian?

Kebutuhan kalori normal orang dewasa adalah 2.000-2.500 kalori per hari tergantung dari aktivitas fisik masing-masing individu. Penurunan berat badan yang ideal adalah 0,5 hingga 1 kg per minggu. Untuk itu, dibutuhkan pemotongan sebesar 500-1.000 kalori per hari.

Apa hubungan kalori tinggi dengan kegemukan?

Sebagai contoh, pria dewasa dengan berat 70 kg, pekerja kantoran, tidak melakukan aktivitas fisik atau olahraga apa pun. Kebutuhan kalori hariannya adalah sekitar 2400 kalori. Jika ia makan es krim yang mengandung 250 kalori setiap harinya, apa yang akan terjadi padanya selama 1 tahun? Berat badannya akan meningkat sebanyak 12 kg. 0,5 kg lemak di tubuh sendiri setara dengan 3500 kalori energi. Dengan demikian, 3500 kalori harus dikeluarkan untuk membuang 0,5 kg simpanan lemak di tubuh. Sebaliknya, 3500 kalori dari kelebihan makanan akan menambah kilogram berat badan Anda.

Bagaimana penerapannya dalam diet? Halaman selanjutnya selengkapnya.

3 dari 4 halaman

Diet Sehat untuk Menurunkan Berat Badan

Slim & Fit

Bagaimana penerapannya dalam diet?

Pertama-tama, Anda perlu menghitung pemasukan kalori Anda, apa yang Anda makan dan minum. Anda bisa mencatatnya di buku untuk mengetahui perkembangannya sehari-hari. Sebagai contoh: sarapan Anda terdiri dari semangkuk sereal (100 kalori) dengan satu setengah cangkir susu tanpa lemak (40 kalori) dan sepotong pisang (94 kalori), total adalah 234 kalori. Atau Anda sarapan dengan roti bakar 2 lembar (110 kalori) dengan mentega (20 kalori) dan selai kacang (50 kalori) ditambah dengan susu coklat (200 kalori), maka total asupan kalori Anda saat sarapan adalah 380 kalori. Anda bisa membawa buku catatan kecil sehingga Anda bisa mencatat setiap makanan, minuman atau makanan ringan yang Anda konsumsi. Anda harus berusaha untuk menilai pemasukan kalori Anda setidaknya selama beberapa hari. 

0 Komentar

Belum ada komentar