Sukses

Apakah Gemuk Warisan dari Orangtua?

Ada yang mengatakan bahwa faktor genetik memiliki porsi kecil sebagai penyebab kegemukan. Bagaimana dengan fakta medisnya? Simak jawaban dari dr. Nadia Octavia disini.

Slim & Fit

KlikDokter.com - Jika Anda memiliki tubuh yang gemuk, janganlah dulu menyalahkan ibu atau ayah Anda karena telah mewariskan bakat gemuk. Ketahui dulu fakta-faktanya di bawah ini:

Apakah gemuk itu disebabkan karena faktor genetik?

Peran genetik dalam obesitas menjadi suatu topik tersendiri yang menarik. Banyak gen yang berperan dalam menyebabkan obesitas. Peranan genetik dapat menentukan kecepatan metabolisme seseorang, afinitas terhadap makanan tertentu (seperti tinggi lemak, tinggi gula), aktivitas fisik, dan pola penyebaran lemak.

Pada kasus di mana obesitas disebabkan murni oleh kelainan genetik, obesitas cenderung terjadi di usia yang dini dan menyebabkan obesitas yang parah.  Pada mayoritas kasus, kelainan genetik memang dapat berkontribusi menyebabkan peningkatan berat badan, namun peranan paling besar tetaplah faktor gaya hidup seperti pola makan yang buruk dan kurangnya aktivitas fisik. Jika Anda mempraktikkan pola hidup yang sehat, obesitas tidak akan terjadi meskipun Anda memiliki faktor genetik.

Kondisi medis tertentu seperti hipotiroid juga dapat berkontribusi terhadap peningkatan berat badan. Namun jika gaya hidup Anda sehat, Anda dapat mengurangi risiko tersebut.

Mengapa wanita yang sudah tua cenderung gemuk? Berikut jawabannya di halaman selanjutnya.

1 dari 2 halaman

Apakah Gemuk Warisan dari Orangtua?

Slim & Fit

Mengapa wanita yang sudah tua cenderung gemuk?              

Secara umum, kecepatan metabolisme pada seseorang akan menurun seiring dengan usia. Jumlah aktivitas fisik juga cenderung menurun seiring dengan usia. Dengan jumlah makanan yang tetap, tendensi untuk berat badan meningkat juga tinggi. Faktor lainnya yang berkontribusi pada wanita adalah kehamilan dan menopause.

Orangtua saya bertubuh gemuk. Bisakah saya terhindar dari kegemukan?

Tentu saja! Yang terpenting adalah menjaga pola hidup yang sehat melalui diet yang seimbang, tanpa mengonsumsi kalori yang berlebih. Selain itu jagalah selalu agar Anda selalu melakukan aktivitas fisik, hindari stres, dan tidur yang cukup. Mencegah kegemukan seiring dengan usia salah satunya adalah dengan mengurangi asupan makanan dan meningkatkan aktivitas fisik. Terlebih pada wanita yang menopause, hormon estrogen akan mengalami penurunan. Berat badan akan cenderung menumpuk pada area perut (lemak visceral) dan dapat berkontribusi menyebabkan berbagai penyakit seperti penyakit jantung dan diabetes. 

0 Komentar

Belum ada komentar