Sukses

6 Kesalahan Fatal Saat Diet

Kesalahan yang terjadi pada saat menjalankan diet kebanyakan tidak disadari, sehingga bisa terulang terus-menerus.

Slim & Fit

 

KlikDokter.com – Diet adalah salah satu pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan dan mendapatkan bentuk tubuh ideal.

Namun terkadang tujuan itu tidak kunjung tercapai, karena kesalahan-kesalahan yang terjadi dalam program diet Anda.

Kesalahan yang terjadi pada saat menjalankan diet kebanyakan tidak disadari, sehingga bisa terulang terus-menerus, dan tentu saja menggagalkan program diet yang sudah dibangun.

Berikut adalah 6 kesalahan fatal saat diet yang penting untuk Anda hindari:

1 dari 3 halaman

6 Kesalahan Fatal Saat Diet

Slim & Fit

1. Melakukan Diet Terlalu Ketat

Banyak orang ingin menurunkan berat badan secepat mungkin, sehingga mereka langsung melakukan crash diet (mengonsumsi kurang dari 1000 kalori per hari). Cara ini sama sekali tidak sarankan. Makan begitu sedikit kalori dapat membuat metabolisme jadi lambat. Setelah diet selesai, tubuh akan membakar kalori lebih lambat dibandingkan biasanya. Alhasil, berat badan pun akan mengalami peningkatan lagi.

2. Melewatkan Sarapan

Melewatkan sarapan tampak seperti cara yang sederhana untuk memotong kalori, tapi sebenarnya hal itu dapat membuat Anda lapar sepanjang hari. Jika sudah begitu, tubuh akan cenderung menagih porsi makan siang lebih banyak daripada porsi wajar jika Anda sarapan. Untuk tetap menjaga diet Anda, pilihlah menu sarapan yang tinggi protein dan serat.

3. Mengonsumsi Terlalu Banyak Minuman Berkalori

Karena terlalu ‘sibuk’ menghitung asupan kalori dalam makanan, jangan sampai Anda lupa menghitung kalori dalam minuman yang Anda konsumsi. Apalagi jika Anda menyukai kopi dan minuman beralkohol yang memiliki kalori di atas 500. Jangan lupa, kalori dalam jus buah dan soda juga berperan penting dalam kenaikan berat badan. Dan yang perlu diperhatikan, kalori dalam minuman tersebut tidak dapat menghilangkan rasa lapar, sehingga Anda tidak bisa menggunakan minuman manis sebagai solusi agar Anda bisa makan lebih sedikit.

Berikut kesalahan diet lainnya yang sering dijalani di halaman selanjutnya.

2 dari 3 halaman

6 Kesalahan Fatal Saat Diet

Slim & Fit

6 Kesalahan Fatal Saat Diet4. Tidak Ngemil Sama Sekali

Orang yang makan beberapa makanan kecil dan ringan lebih mungkin mengontrol rasa lapar dan menurunkan berat badan. Oleh karena itu, ngemil dapat membantu menjaga metabolisme, terutama jika Anda makan makanan ringan yang kaya protein. Kacang adalah pilihan yang baik karena tinggi protein, dan penelitian menunjukkan orang-orang yang mengonsumsi kacang cenderung lebih ramping ketimbang mereka yang tidak.  

5. Minum Terlalu Sedikit Air

Ingatlah bahwa air sangat penting untuk pembakaran kalori. Jika Anda dehidrasi, metabolisme akan menurun dan ini berarti penurunan berat badan akan lebih lambat. Jadi, minumlah cukup air 7-8 gelas sehari tergantung dengan kebutuhan dan jenis aktivitas harian Anda.

6. Menghindari Produk-Produk Susu

Tubuh akan membakar lebih banyak lemak ketika Anda mengonsumsi cukup kalsium. Sebaliknya, tubuh akan memproduksi lemak berlebih jika Anda kekurangan kalsium. Pilihlah produk susu yang mengandung bebas lemak untuk menjaga program diet Anda.

0 Komentar

Belum ada komentar