Relationship

Aroma Seperti Apa yang Dapat Menarik Perhatian Pria?

dr. Citra Roseno, 15 Mei 2015

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Percaya atau tidak, pernah ada penelitiannya soal ini. Simak disini penjelasan dr. Citra Roseno disini.

Aroma Seperti Apa yang Dapat Menarik Perhatian Pria?

Klikdokter.com – Setiap manusia tanpa disadari memiliki aroma alami tubuh. Parfum, memberikan keharuman ekstra tubuh serta dapat meningkatkan kepercayaan diri, terutama pada wanita. Lalu bagaimana dengan kaum pria, aroma apakah yang dapat menarik perhatian mereka?

Dalam sebuah studi yang dipublikasikan oleh Psychological Science, peneliti meminta empat orang perempuan yang memiliki siklus menstruasi berbeda, untuk mengenakan baju yang sama selama tiga malam berturut-turut saat tidur. Mereka tidak diperkenankan memakai parfum. Jika mereka mandi, mereka harus menggunakan produk yang tidak mengandung parfum. Kemudian mereka dilarang menyantap makanan dengan bau menyengat seperti bawang putih, cuka, serta menghindari rokok, alkohol, dan obat-obatan. Mereka pun tidak diperkenankan berhubungan seks atau berbagi tempat tidur selama penelitian.

Lalu bagaimanakah hasil penelitian tersebut? Berikut lanjutannya:

Aroma Seperti Apa yang Dapat Menarik Perhatian Pria?

Para peneliti lalu memilih beberapa partisipan pria untuk membaui baju-baju tersebut. Jumlah testoteron dalam air liur pria diukur setelahnya. Hasilnya: pria yang mencium baju perempuan yang sedang dalam masa subur memiliki kadar testoteron yang lebih tinggi ketimbang mereka yang mencium baju perempuan yang sedang tidak dalam masa subur. Yang lebih menarik, mereka menilai aroma baju yang dikenakan oleh perempuan dalam fase ovulasi ternyata lebih menyenangkan.

Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat sesuatu yang tanpa disadari ikut mempengaruhi rasa ketertarikan pria terhadap wanita. Peneliti masih terus mencari tahu zat kimia apa yang bertanggung jawab memicu kenaikan hormon testosteron tersebut. Studi ini merupakan contoh baik bahwa indra penciuman dapat mempengaruhi otak perilaku seseorang.

Inner beautyAroma Seperti Apa Yang Dapat Menarik Perhatian Pria?

Konsultasi Dokter Terkait