Sukses

Hidup Manis dengan Diabetes

Bagi penderita diabetes, menjaga kesehatan berarti membatasi asupan karbohidrat dan mengurangi jumlah glukosa yang dikonsumsi. Jadi, sudah siapkah Anda untuk mengubah pola hidup?

KlikDokter.com – Penanganan makanan bagi penderita diabetes sangatlah penting. Kuncinya adalah dengan mengelola asupan karbohidrat, karena pada intinya diabetes dapat dianggap sebagai penyakit karena ketidakmampuan tubuh untuk memproses karbohidrat.

Bagaimana dengan cara kerjanya? Insulin, hormon yang diproduksi oleh pankreas, membantu memecah karbohidrat dengan memungkinkan sel-sel tubuh untuk menyerap glukosa (gula darah). Di dalam tubuh penderita diabetes, bagaimanapun, sel-sel tidak mampu merespon dengan baik tingginya kadar gula darah. Atau, dalam beberapa kasus, tubuh tidak mampu memproduksi insulin yang cukup untuk seluruh gula yang beredar di dalam darah. Hasilnya adalah kadar glukosa menjadi tinggi dan molekul glukosa beredar dalam aliran darah, sehingga menyebabkan kerusakan jaringan yang serius.

Untuk membatasi kerusakan, penting bagi penderita diabetes untuk membatasi asupan karbohidrat dan mengurangi jumlah glukosa yang dikonsumsi. Apa saja hal-hal yang perlu diketahui?

Halaman selanjutnya selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Hidup Manis dengan Diabetes

Bagaimana cara membuat diet yang ramah bagi penderita diabetes?

Terapkanlah diet yang rendah karbohidrat. Karbohidrat memang memiliki pengaruh bagi kesehatan secara keseluruhan, namun tetap penting untuk mengontrol total asupan karbohidrat per hari. Jika hal ini mampu dilakukan, maka akan meringankan beban tubuh untuk menurunkan kadar glukosa dalam darah, serta membatasi risiko Anda untuk berbagai komplikasi yang disebabkan oleh tingginya kadar gula darah.

Apa saja yang harus dibatasi?

Karbohidrat adalah jawabannya. Sebaiknya Anda membatasi asupan karbohidrat antara 45 dan 65 persen dari total kalori per hari. Dengan kata lain, jika Anda mengonsumsi 2200 kalori per hari, kalori yang berasal dari karbohidrat tidak boleh lebih dari 1430kal.

Apa pertimbangan lain yang harus diperhatikan?

Selain membatasi karbohidrat, Anda harus menjauhi makanan-makanan yang mengandung lemak jenuh dan menjalani diet rendah sodium. Diabetes tipe 2 berisiko lebih tinggi untuk terjadinya hipertensi, kolesterol tinggi, dan penyakit jantung daripada populasi umum, sehingga sangat penting melakukan diet jenis ini.

Apa yang harus ditambahkan ke dalam menu makanan?

Penelitian menunjukkan bahwa diet tinggi serat dapat meningkatkan kesehatan dan membantu mengelola diabetes. Kacang-kacangan, buah-buahan, sayuran, gandum, dapat menjadi pilihan.

Lalu  bagaimana dengan penggunaan pemanis buatan?

Saat ini beredar begitu banyak pemanis untuk penderita diabetes. Berkonsultasilah dengan dokter terlebih dulu bila ingin menggunakan pemanis buatan pada diet Anda.

Jadi, jangan ragu untuk mulai mengatur pola makan Anda. Dan selalu konsultasikan kesehatan secara teratur pada dokter spesialis penyakit dalam dan ahli gizi.

0 Komentar

Belum ada komentar