Sukses

Apa Sebenarnya Fungsi Lambung?

Terdapat tiga fungsi lambung yang penting untuk diketahui. Apa saja fungsi-fungsi tersebut? Simak penjelasan dr. Mega Putri di sini.

KlikDokter.com – Lambung, atau dalam istilah kedokterannya disebut gaster, adalah salah satu organ pencernaan yang terdapat dalam tubuh manusia.

Terletak di bawah diafragma yang berupa kantong dan berbentuk seperti huruf J, lambung terdiri atas tiga bagian, yakni kardiak sebagai pintu masuk makanan dari kerongkongan; fundus, bagian tengah lambung yang bentuknya membulat sebagai tempat menyimpan makanan yang tercerna dan juga gas yang dilepaskan dari pencernaan kimia makanan; serta pylorus, lambung bagian bawah yang akan menyalurkan makanan ke usus.

Lambung melakukan beberapa fungsi, yaitu fungsi motorik, fungsi sekresi (pengeluaran), serta fungsi pencernaan dan absorpsi (penyerapan). Berikut penjelasannya:

1. Fungsi Motorik

Fungsi motorik terbagi menjadi tiga:

  • Menyimpan makanan dalam jumlah besar sehingga makanan tersebut dapat ditampung pada saluran cerna bagian bawah

  • Mencampur makanan tersebut dengan cairan asam lambung sehingga membentuk suatu campuran setengah padat yang dinamakan kimus

  • Mengeluarkan makanan dengan lambat dari lambung masuk ke usus halus dengan kecepatan yang sesuai untuk pencernaan dan absorpsi oleh usus halus

Halaman selanjutnya, penjelasan fungsi lambung selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Apa Sebenarnya Fungsi Lambung?

Promag Ahlinya Lambung

2. Fungsi Sekresi

Pengaturan sekresi lambung terbagi menjadi tiga fase:

  • Fase pertama yaitu fase sefalik. Fase ini terjadi ketika makanan belum memasuki lambung. Pada fase ini, terjadi rangsangan pada lambung akibat melihat, mencium, memikirkan, atau merasakan makanan. Semakin besar nafsu makan, semakin besar rangsangan

  • Fase kedua adalah fase gastrik. Fase ini terjadi di dalam lambung sesaat setelah makanan memasuki lambung hingga meninggalkan lambung

  • Fase ketiga adalah fase ketika makanan sudah mulai meninggalkan lambung dan menuju usus halus bagian atas

??3. Fungsi Pencernaan dan Absorpsi

Proses pencernaan makanan pada lambung terjadi melalui proses mekanik dan kimiawi. Berikut penjelasannya:

  • Proses Mekanik

Pada proses ini, otot lambung akan mengerut dan mengembang dengan gerakan seperti meremas untuk mencampur makanan dengan getah lambung.

  • Proses Kimiawi

Proses pencernaan makanan secara kimiawi terjadi dengan bantuan getah lambung yang mengandung enzim-enzim pencernaan. Enzim pencernaan berfungsi untuk memecahkan molekul bahan makanan yang kompleks dan besar menjadi molekul yang lebih sederhana dan kecil.

Hasil pencernaan makanan pada lambung melalui proses mekanik dan kimiawi akan menjadikan makanan berbentuk seperti bubur yang disebut dengan kimus (bubur usus). Selanjutnya, kimus akan masuk ke usus halus melalui suatu sfinkter pylorus yang berukuran kecil. Apabila otot-otot ini berkontraksi, maka kimus akan didorong masuk ke usus halus sedikit demi sedikit. 

0 Komentar

Belum ada komentar