Sukses

Kenali Lebih Dekat Setiap Lapisan Kulit

Seberapa kenal Anda dengan kulit Anda? Apa yang Anda ketahui mengenai lapisan-lapisannya?

KlikDokter.com - Kulit manusia adalah organ tubuh yang paling besar. Luasnya dapat mencapai 2 meter persegi. Tanpa disadari, kulit Anda tidak hanya sekadar berfungsi untuk mempercantik tampilan luar tubuh. Kulit merupakan organ yang sangat penting agar tubuh terlindung dari mikroorganisme, bahan kimia dan sinar matahari, membantu mengatur suhu agar Anda tidak habis menguap! Kulit juga mengandung berbagai fungsi perasa sehingga Anda dapat merasakan panas, dingin, dan sentuhan.

Kenali Lebih Dekat Setiap Lapisan Kulit

Di seluruh bagian tubuh, ketebalan kulit, warna dan teksturnya bervariasi. Misalkan kulit di daerah telapak tangan dan telapak kaki adalah yang paling tebal, sedangkan kulit di daerah kepala mengandung folikel rambut yang terbanyak dibanding kulit di tempat lain.

Sebagai organ tubuh yang paling luar dan paling luas, kulit adalah bagian pertama yang terlihat oleh mata. Namun, meskipun sering melihatnya, seberapa jauh sebenarnya Anda mengenal kulit Anda? Halaman berikut penjelasannya.

1 dari 3 halaman

Kenali Lebih Dekat Setiap Lapisan Kulit

Meskipun kulit terlihat sangat tipis, namun tahukah Anda bahwa sebenarnya kulit terdiri dari beberapa lapisan dan masing-masing lapisannya memegang peranan penting bagi tubuh Anda?

Secara garis besar, kulit terdiri dari 3 lapisan:

  1. Epidermis: lapisan kulit paling luar
  2. Dermis: lapisan kulit bagian tengah
  3. Jaringan Subkutis: lapisan kulit bagian dalam

Epidermis

Epidermis adalah bagian kulit paling luar yang tipis dan terdiri dari sel keratinosit. Sel keratinosit ini membentuk beberapa lapisan dan akan terus tumbuh keluar untuk menggantikan lapisan terluar yang mati. Dibutuhkan waktu sekitar 5 minggu untuk pergantian sel-sel keratinosit yang mati dengan yang baru. Di lapisan ini juga terdapat pigmen warna kulit (melanosit) dan sel langerhans yang berperan dalam sistem imunitas (pertahanan tubuh) terhadap virus atau organisme infeksius lainnya.

Menjaga kesehatan lapisan epidermis penting agar fungsi perlindungan tubuh tetap terjaga. Kulit yang sehat memiliki lapisan epidermis yang sehat, bersifat tahan air dan lembap. Gangguan pada lapisan epidermis, seperti iritasi dan dermatitis, bukan hanya mengganggu penampilan namun juga dapat mengganggu fungsi perlindungan tubuh.

Dermis

Dermis yang merupakan bagian tengah lapisan kulit terdiri dari pembuluh darah, pembuluh limfe, folikel rambut, kelenjar keringat, kelenjar minyak, jaringan kolagen, dan saraf-saraf. Ini merupakan bagian kulit yang menentukan kelenturan dan kekenyalan kulit karena mengandung serat kolagen dan elastin. Menjaga kesehatan dermis akan membantu mencegah keriput yang muncul terlalu cepat.

Jaringan Subkutis

Jaringan subkutis adalah lapisan kulit paling dalam yang terdiri dari jaringan kolagen dan kelenjar lemak. Fungsinya penting untuk menjaga suhu tubuh dan sebagai bantalan untuk melindungi tubuh dari trauma.

Setiap lapisan kulit memiliki fungsinya masing-masing dan harus dijaga agar selalu berada dalam kondisi prima. Berikut adalah tujuh kiat yang bisa dilakukan agar kulit tetap sehat dan terawat:

2 dari 3 halaman

Kenali Lebih Dekat Setiap Lapisan Kulit

Berikut adalah tujuh kiat yang bisa dilakukan agar kulit tetap sehat dan terawat:

1. Gunakan Tabir Surya

Hindari paparan sinar matahari dari pukul 9 hingga 4 sore. Jika Anda hendak pergi keluar di bawah sinar matahari, jangan lupa untuk mengoleskan tabir surya dengan minimal SPF 30. Hal itu akan melindungi diri dari kanker kulit sekaligus membantu mencegah kerutan.

2. Tidak Merokok

Sebuah penelitian yang dilakukan di St. Thomas Hospital, London, menemukan bahwa mereka yang merokok cenderung memiliki kulit yang lebih berkerut bahkan kulit mereka 40% lebih tipis daripada non-perokok.

3. Tidur yang Cukup

Jika Anda cukup tidur, Anda akan menghasilkan lebih banyak HGH (hormon pertumbuhan manusia) yang membantu kulit tetap tebal, lebih “elastis,” dan lebih kecil kemungkinannya untuk berkerut.

4. Mengonsumsi Ikan

Selain mengandung protein, salmon juga merupakan sumber asam lemak esensial yang dikenal sebagai omega-3. Asam lemak esensial dapat membantu memelihara kulit agar tetap muda sekaligus mengurangi keriput.

5. Makan Kedelai

Suplemen berbahan dasar kedelai dapat meningkatkan struktur dan kekencangan kulit setelah enam bulan penggunaan.

6. Menyantap Sayur dan Buah

Sayur dan buah banyak mengandung antioksidan. Senyawa tersebut mampu melawan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas (molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel).

7. Gunakan Pelembap

Perempuan sangat peduli dengan produk anti penuaan mereka, sehingga mereka sering mengabaikan kekuatan pelembap. Padahal, kulit yang lembap dapat menyamarkan kerutan sehingga garis dan lipatan jauh berkurang.

Jadi, kenalilah kulitmu dengan baik sehingga dapat memberikan perawatan yang tepat. Kulit yang sehat dan terawat akan membuat Anda merasa nyaman dan percaya diri!

0 Komentar

Belum ada komentar