Sukses

Ini Manfaat Olahraga untuk Kesehatan Kulit

Berolahraga tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh, tetapi juga sel-sel kulit wajah.

KlikDokter.com - Kita semua mengetahui bahwa olahraga memiliki manfaat yang besar terhadap kesehatan tubuh secara keseluruhan. Namun, apakah olahraga memiliki manfaat terhadap kesehatan kulit?

Sebuah penelitian yang dilakukan di McMaster University, Ontario, yang melibatkan 29 laki-laki dan perempuan usia 20 hingga 84 tahun menunjukkan bahwa mereka yang lebih sering berolahraga memiliki kulit yang lebih awet muda. Diduga bahwa olahraga menyebabkan munculnya suatu zat dalam tubuh yang membantu memperlambat penuaan. Hal ini memang masih diteliti lebih jauh.

Namun, secara umum kita telah mengetahui bahwa olahraga dapat meningkatkan aliran darah tubuh. Peningkatan aliran darah tubuh ini juga baik untuk kesehatan sel-sel kulit, karena berarti terjadi peningkatan hantaran oksigen dan nutrisi ke kulit.

Olahraga juga dapat meningkatkan kesehatan mental dengan meningkatkan relaksasi sehingga mengurangi stres psikologis.

Meski demikian, olahraga tetap perlu dilakukan dengan hati-hati agar tidak membahayakan kesehatan kulit. Berikut adalah beberapa kiat berolahraga agar kulit tetap terawat:

1 dari 2 halaman

Ini Manfaat Olahraga untuk Kesehatan Kulit

Berikut adalah beberapa kiat berolahraga agar kulit tetap terawat:

1. Jangan Melupakan Tabir Surya

Bila berolahraga di luar ruangan, jangan lupa untuk menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit dari bahaya sinar ultraviolet. Sebaiknya memang menghindari olahraga di luar ruangan pada pukul 10 pagi hingga pukul 4 sore.

2. Hindari Panas dan Keringat

Jika memiliki masalah kulit seperti eksim atau jerawat, maka keringat dan suhu panas dapat memperparah keluhan. Untuk itu, pilihlah olahraga yang memberikan rasa sejuk seperti berenang. Atau berolahraga di tempat yang sejuk atau pada saat suhu luar ruangan sudah tidak terlalu panas.

3. Menggunakan Pelembap

Gunakan pelembap sebelum berolahraga agar kulit terlindung dari keringat yang dapat membuat iritasi kulit pada kulit sensitif atau kulit yang bermasalah (eksim, psoriasis).

4. Mandi dengan Sabun Lembut

Gunakan sabun lembut dengan pelembap setelah berolahraga agar kulit segera bersih dari keringat dan rasa panas. Agar kulit tidak menjadi kering setelah mandi, maka sabun dengan pelembap dapat membantu menjaga kelembapan kulit.

0 Komentar

Belum ada komentar