Sukses

Jika Si Kecil Menolak MPASI, Apa yang Harus Dilakukan?

Masalah pemberian makan saat MPASI merupakan hal yang lumrah terjadi. Tapi jangan khawatir, ada cara-cara untuk mengatasi dan mencegahnya. Simak penjelasan lengkapnya di sini.

KlikDokter.com - Pada enam bulan pertama kehidupan Si Kecil, ASI merupakan sumber nutrisi utama. Ketika menginjak usia enam bulan, Anda sudah mulai bisa memperkenalkan makanan-makanan pertama dalam kehidupan Si Kecil untuk membantu mencukupi kebutuhan gizinya.   

MPASI sangat penting diberikan pada usia 6 bulan, karena usia 6-9 bulan merupakan sebuah fase di mana bayi akan memasukkan semua hal ke dalam mulut. Selain itu, pada usia 6 bulan, Si Kecil harus mulai mendapatkan tambahan nutrisi di luar ASI.

Saat pemberian MPASI, akan muncul beberapa masalah seputar pemberian makan (feeding). Hal itu adalah sesuatu yang lumrah. Berbeda dari orang dewasa, bayi ‘melihat’ makan sebagai perilaku yang kompleks, dengan keterampilan yang harus dipelajari secara bertahap. Maka tak heran bila nanti Anda menemukan masalah-masalah seperti halaman berikut ini:

1 dari 2 halaman

Jika Si Kecil Menolak MPASI, Apa yang Harus Dilakukan?

Bayi Sehat Milna

  • Muntah

Biasanya bayi akan muntah saat diberikan makanan yang padat pertama kalinya. Hal ini terjadi karena terlalu banyak makanan di sendok, makanan yang terlalu padat, serta penyuapan yang terlalu ke belakang lidah. Saat hal ini terjadi, jangan paksakan pemberian makanan. Untuk mencegahnya, coba biasakan tangan bayi masuk ke dalam mulut (mengeksplor mulut sendiri)

  • Nafsu Makan Sedikit

Jangan khawatir saat bayi hanya mengonsumsi sedikit makanan, selama pertumbuhan berat badan serta tinggi badannya masih dalam batas normal

  • Berhenti Makan

Biasanya bayi akan berhenti makan saat bayi sedang sakit. Saat hal ini terjadi berikan cairan yang cukup dan cari penyebab penyakitnya

  • Sulit Makan

Hal ini terjadi saat bayi secara tiba-tiba tidak mau diberikan makanan yang biasanya kita berikan tanpa adanya alasan. Apabila hal ini terjadi, jangan berikan makanan yang sebelumnya. Coba jenis makanan baru dan kembalikan makanan yang Si Kecil tidak suka itu dalam waktu beberapa hari.

Perlu diketahui bahwa pemberian makanan pada bayi juga bisa menjadi bonding time atau cara untuk mempererat hubungan. Kedekatan Anda dengan anak dapat tercipta lewat menyuapinya atau menyiapkan makanan bersamanya.

Oleh karena itu, buatlah kegiatan makan menjadi santai dan menyenangkan. Ia juga bisa mulai dilatih dengan makan bersama keluarga di meja makan, dengan memastikan posisi makannya tepat. Jangan sekali-kali memarahi anak atau memaksakan makanan kepadanya.

Saat Anda makan bersama anak, ingatlah untuk selalu memberikan interaksi positif, misalnya memuji anak untuk tindakan yang tepat dan memberikan batasan dalam makan. Anda juga harus merespons kapan anak merasa lapar dan kenyang. 

0 Komentar

Belum ada komentar