Sukses

5 Penyakit Akibat Kolesterol Tinggi

Mengidap kolesterol tinggi sama saja dengan menyimpan bom waktu di dalam tubuh. Kadar lemak yang berlebihan di dalam darah ini dapat menyebabkan berbagai macam penyakit yang mengancam jiwa Anda.

Klikdokter.com - Kolesterol tidak ada gejalanya. Karena tidak ada tanda, maka sering terabaikan oleh kita, dan teranggap tidak berbahaya. Padahal, jika dibiarkan, kolesterol bisa mengakibatkan beberapa penyakit yang lebih gawat lagi. Apa saja penyakitnya? Berikut beberapa penyakit yang dapat disebabkan oleh kolesterol tinggi:

1. Penyakit Jantung Koroner

Merupakan penyakit utama yang disebabkan oleh kolesterol tinggi. Kolesterol (terutama LDL) yang tinggi akan menumpuk di dinding pembuluh darah arteri, sehingga menyebabkan plak yang disebut aterosklerosis. Plak ini menyebabkan arteri menjadi sempit, sehingga aliran darah pun melambat dan menurunkan asupan darah ke jantung, yang mengakibatkan gejala nyeri dada (angina). Jika kadar kolesterol tidak diturunkan, plak dapat menumpuk semakin banyak sampai akhirnya menyumbat total pembuluh darah jantung, dan menyebabkan serangan jantung.

2. Stroke

Jika sumbatan tersebut terjadi pada pembuluh darah otak, maka akan terjadi stroke sumbatan yang berujung kepada matinya sel saraf otak. Kematian sel tersebut disebabkan oleh terhentinya pasokan oksigen dan makanan akibat berhentinya aliran darah ke area otak tersebut.

Berikut beberapa penyakit lainnya yang diakibatkan oleh kolesterol tinggi:

1 dari 2 halaman

5 Penyakit Akibat Kolesterol Tinggi

Nutrive Benecol

3. Penyakit Arteri Perifer

Sumbatan lemak juga dapat terjadi di pembuluh darah besar selain jantung dan otak, menimbulkan penyakit arteri perifer. Penyakit ini terutama menyerang pembuluh darah di tungkai.

4. Diabetes Tipe 2

Penyakit kolesterol tinggi berhubungan erat dengan diabetes. Pada orang yang sudah terkena diabetes, walaupun kadar gula darahnya sudah dijaga optimal, kadar lemak darahnya cenderung meningkat.

5. Hipertensi

Plak aterosklerosis yang menempel di dinding pembuluh darah dapat menyebabkan arteri menjadi keras dan menyempit, sehingga jantung menjadi lebih sulit untuk memompa darah karena tahanan yang tinggi. Hal inilah yang menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi.

0 Komentar

Belum ada komentar