Sukses

Obat Menurunkan Kolesterol

Menurunkan kolesterol dapat dilakukan dengan memperbaiki pola makan, berolahraga, sampai mengonsumsi obat. Berikut sekilas penjelasan cara mengendalikan kolesterol dari dr. Karin Wiradarma disini.

KlikDokter.com - Jika kadar kolesterol Anda hanya meningkat sedikit, Anda dapat menurunkannya dengan menerapkan pola hidup sehat, seperti menjaga pola makan, rutin berolahraga, dan lain-lain. Namun jika cara tersebut belum memberikan hasil optimal atau kolesterol Anda terlalu tinggi, Anda perlu mengonsumsi obat penurun kolesterol yang diresepkan dokter. Berikut rincian lengkapnya:

Menjaga Pola Makan

Batasi konsumsi makanan yang mengandung kolesterol jahat seperti mentega, daging olahan, makanan yang digoreng, susu full cream, keju, cumi-cumi, lobster, makanan cepat saji, dan lain-lain. Sebaliknya, perbanyaklah konsumsi makanan sehat yang terbukti menurunkan kolesterol, seperti oat, ikan salmon, kacang-kacangan, teh, coklat hitam, bawang putih, sayuran berdaun hijau, alpukat, dan plant sterol serta plant stanol.

Plant stanol menurunkan kadar kolesterol dalam darah dengan cara menghalangi penyerapan kolesterol – baik yang didapat dari makanan maupun yang diproduksi oleh hati. Semakin banyak jumlah plant stanol yang dikonsumsi, maka semakin besar pula penurunan kolesterol yang dicapai. Sebagai contoh, konsumsi 0,8 gram plant stanol dapat menurunkan kolesterol LDL sebesar 5%, sementara konsumsi 2 gram berhasil menurunkan 10%.

Olahraga Rutin

Berolahragalah setidaknya tiga kali seminggu. Tidak perlu melakukan olahraga yang berat dan lama. Cukup sediakan waktu setiap harinya antara 30-60 menit untuk olahraga santai seperti jogging, berenang, dan bersepeda. Olahraga akan terasa lebih menyenangkan jika dilakukan bersama pasangan, keluarga, atau sahabat.

Menurunkan Berat Badan

Membuang lemak yang menumpuk di tubuh dengan menurunkan berat badan juga berkontribusi menurunkan kolesterol.

Berhenti Merokok

Dengan berhenti merokok, Anda menyelamatkan diri Anda dengan menurunkan risiko terkena penyakit jantung koroner di kemudian hari.

Berikut ini adalah penjelasan obat untuk menurunkan kolesterol, di halaman selanjutnya.

1 dari 2 halaman

Obat Menurunkan Kolesterol

Nutrive Benecol

Obat-Obatan

Jika perubahan gaya hidup tidak mampu menurunkan kolesterol secara optimal, Anda perlu berkonsultasi kepada dokter untuk mendapatkan resep obat penurun kolesterol. Obat kolesterol yang sering diresepkan ada dua jenis, yaitu:

1. Obat Golongan Statin

Obat ini bekerja dengan menghalangi produksi kolesterol di dalam hati. Statin terutama berfungsi menurunkan LDL (kolesterol jahat). Selain itu, statin juga bermanfaat untuk menurunkan trigliserid (jika kadarnya tidak terlalu tinggi) dan memiliki efek ringan meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik). Beberapa contoh statin antara lain simvastatin, atorvastatin, rosuvastatin, pravastatin, dan lain-lain.

2. Obat Golongan Fibrat

Obat ini bermanfaat terutama untuk menurunkan kadar trigliserida, dan dapat juga menurunkan LDL serta meningkatkan HDL. Contoh dari fibrat adalah fenofibrat, gemfibrozil, dan lain-lain.

Penggunaan obat-obatan ini harus atas petunjuk dokter, karena jika dikonsumsi sembarangan akan menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan. 

0 Komentar

Belum ada komentar