Kesehatan Anak

6 Siasat Agar Si Kecil Suka Sayur

dr. Dyah Novita Anggraini, 23 Apr 2015

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

6 Siasat Agar Si Kecil Suka Sayur. Pada dasarnya, makan sayur itu kebiasaan yang bisa dipelajari. Jika sesuatu telah menjadi kebiasaan, maka itu akan sulit diubah. Anak yang sejak kecil terbiasa makan sayur, akan lebih mudah menentukan pola makan sehat ke

6 Siasat Agar Si Kecil Suka Sayur

KlikDokter.com - Pola makan yang tidak seimbang sudah mulai menular ke diri si kecil. Dengan menjamurnya pusat perbelanjaan yang dilengkapi dengan berbagai macam restoran cepat saji, meningkatkan akses anak untuk mengkonsumsi junk food.

Sehingga menu makanan bayam yang kaya akan betakaroten (vitamin A) dan vitamin C sebagai antioksidan dan juga mengandung asam folat untuk memberi nutrisi bagi otaknya menjadi tidak menarik lagi bagi si kecil. Terlebih bentuk dan rasanya tidak menarik dibandingkan makan junk food yang tersedia di retoran cepat saji. Tapi apakah itu artinya Anda menyerah dan membiarkan anak makan makanan tidak sehat?

 

6 Siasat Agar Si Kecil Suka Sayur

Pada dasarnya, makan sayur itu kebiasaan yang bisa dipelajari. Jika sesuatu telah menjadi kebiasaan, maka itu akan sulit diubah. Anak yang sejak kecil terbiasa makan sayur, akan lebih mudah menentukan pola makan sehat ketika dewasa nanti.

Berikut adalah beberapa tips menyiasati si kecil supaya mereka terbiasa mengonsumsi sayur:

  1. Beri Contoh yang BaikOrangtua adalah panutan bagi anaknya. Jadi pastikan ada sayuran di piring Anda ketika makan. Menyuruh saja tidak cukup. Anda harus memberi contoh yang baik kepada si kecil.

  2. Bawa Mereka ke DapurDapur adalah awal yang baik supaya si kecil mengenal sayur. Dengan begitu, mereka bisa lihat kalau sayur bukan sesuatu yang dibenci. Ajarkan mereka ikut mengupas, memotong, atau membumbuinya. Jadi ketika dihidangkan, mereka mau makan makanan hasil buatannya.

  3. Berkreasi dengan SayuranBuat makan sayur menjadi menyenangkan. Caranya? Buat cerita menarik tentang sayur. Atau ketika makan, jadikan sayur sebagai hiasan, misalnya brokoli menjadi hutan atau domba dengan kaki dari tusuk gigi. Bisa juga dengan membuat makanan yang mereka sukai dengan sayur, misalnya pizza dengan topping sayur atau roti isi sayur.

  4. BersabarMemaksa anak itu tidak baik. Jadi Anda perlu bersabar. Kenalkan sayur secara bertahap. Misalnya hari ini sesuap, besok dua suap, dan seterusnya. Lalu bila mulai terbiasa, kenalkan jenis sayuran yang lain. Ulangi langkah yang sama. Bila si kecil tidak suka, jangan dipaksa. Rayu mereka.

  5. PujianAnggap saja makan sayur adalah sebuah game. Bila si kecil berhasil menghabiskan sayurnya, beri mereka pujian. Atau medali. Buat mereka senang atas keberhasilan mereka.

  6. Beri Anak tambahan Multivitamin Buah dan Sayur Jika Diperlukan.Multivitamin akan membantu si kecil tercukupi serat sayuran. Pilihlah multivitamin dengan kandungan bahan aktif yang berasal dari alam dan ditambah dengan sayur dan buah untuk mencukupi kebutuhan nutrisi si kecil. (Baca: Bagaimana Mengajarkan Anak untuk Berkonsentrasi?)

Tuh, tidak sulit kan membuat si kecil terbiasa makan sayur. Yang dibutuhkan hanya usaha dan kemauan Anda agar si kecil dan sayur jadi sahabat baik demi kesehatannya kelak.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](HM/DA/DNA

SayurAnakSuka6kecilCaraMakanan BalitaAgarSiasatSi

Konsultasi Dokter Terkait