Sukses

8 Cara untuk Menghindari Maag Kambuh Lagi

Penyakit maag yang datang sering kali menyebabkan nyeri yang sangat parah. Supaya tidak terulang, lakukanlah 8 cara ini!

KlikDokter.com - Maag atau istilah kedokterannya disebut dengan gastritis adalah peradangan yang terjadi pada lambung akibat pengeluaran asam lambung yang berlebih. Umumnya, maag akan menimbulkan gejala berupa nyeri pada ulu hati atau perut kiri atas, mual, kembung, dan muntah. Untuk menghindari serangan maag, berikut adalah 8 cara yang bisa Anda terapkan:

  • Makan Tepat Waktu

Asam lambung bersifat korosif/iritatif (mengikis). Apabila di dalam lambung Anda tidak ada makanan, maka yang akan dicerna oleh asam lambung adalah lapisan lambung kita sendiri. Kondisi ini dapat memperparah penyakit maag menjadi tukak lambung. Jadi, biasakanlah untuk makan tepat waktu.

  • Hindari Makanan Pencetus

Mengonsumsi makanan yang mudah dicerna akan meringankan beban kerja lambung. Jenis makanannya pun perlu diperhatikan. Sebaiknya penderita maag menghindari makanan atau minuman yang asam (asam cuka, jahe, jeruk), susu, sari buah sitrus, serta makanan pedas karena dapat memicu produksi asam lambung. Cokelat, kue tart, keju, dan makanan yang berlemak (mengandung minyak, santan, gorengan) juga harus dihindari karena sulit dicerna oleh lambung.

Usahakan mengkonsumsi makanan yang teksturnya lembut (lunak) dan mudah dicerna. Porsinya boleh sedikit namun dengan frekuensi sering. Perbanyak konsumsi buah dan sayur, kecuali buah nangka, pisang ambon, kedondong, sayur sawi, dan kol. Sering-seringlah minum air putih, karena dapat mengurangi sifat asam dari makanan atau minuman tersebut. Kurangi teh, kopi atau minuman bersoda.

Berikut beberapa langkah lainnya yang dapat membantu mencegah kambuhnya maag lagi:

1 dari 2 halaman

8 Cara untuk Menghindari Maag Kambuh Lagi

Promag Ahlinya Lambung

  • Hindari Stres

Meskipun stres bukan penyebab sakit maag, namun stres adalah salah satu faktor yang dapat memperburuk kondisi sakit maag dan dapat menunda waktu penyembuhan. Oleh karena itu, usahakan untuk selalu berpikir positif dan menjauhkan diri dari stress.

  • Stop Merokok

Merokok dapat meningkatkan asam lambung. Selain itu, merokok juga dapat menghambat proses penyembuhan luka yang terdapat pada lapisan lambung.

  • Rutin Berolahraga

Sempatkanlah berolahraga agar tubuh senantiasa segar dan energik. Bila rajin menggerakkan tubuh, penyakit pun akan segan untuk datang menghampiri.

  • Berpuasa

Berpuasa dapat membantu memperbaiki kerja dari sistem pencernaan dan mengurangi penyakit maag. Seperti kita ketahui, jenis maag ada dua macam yakni maag ringan dan maag berat. Untuk seseorang yang menderita maag berat memang tidak dianjurkan untuk berpuasa. Namun bagi penderita maag ringan, puasa justru akan membantu proses kesembuhan penyakit maag.

  • Menjaga Kebersihan

Menjaga kebersihan yang dimaksud adalah menjaga kebersihan alat makan dan minum. Penting juga untuk menjaga kebersihan tangan dengan cara mencuci tangan sebelum makan agar terhindar dari infeksi bakteri helicobacter pylori (bakteri yang dapat menginfeksi lapisan dinding lambung).

  • Istirahat Cukup

Tidak hanya pola makan yang harus teratur, tapi juga dengan pola tidur. Usahakanlah untuk tidur 8 jam sehari.

0 Komentar

Belum ada komentar