Sukses

Hindari Makanan Ini Agar Lambung Tetap Sehat

Menjaga kesehatan lambung tidaklah sulit. Salah satu cara yang perlu dilakukan adalah dengan tidak mengonsumsi makanan-makanan pemicu maag. Apa saja yang harus dihindari?

KlikDokter.com - Menjaga pola makan adalah salah satu cara untuk menjaga agar lambung tetap dalam keadaan sehat. Ada beberapa macam makanan yang sebaiknya dihindari untuk menjaga lambung.

Dengan terjaganya pola makan, maka diharapkan Anda terhindar dari penyakit yang dapat menyerang lambung, sehingga aktivitas sehari-hari tidak terganggu.

Berikut adalah beberapa makanan yang harus dihindari untuk menjaga lambung tetap sehat:

  • Makanan Pedas

Mengonsumsi makanan pedas seperti cabai dapat melukai atau mengiritasi lambung. Sama halnya dengan makanan yang bersifat pedas lainnya seperti merica dan paprika.

  • Makanan yang Sulit Dicerna

Makanan ini akan membuat lambung bekerja ekstra, sehingga akan memperlama pengosongan lambung dan akan menghasilkan lebih banyak asam. Makanan yang sulit dicerna di antaranya cokelat, keju, kuedengan krim, gorengan dan makanan dengan kadar lemak tinggi.

Berikut beberapa jenis makanan lainnya yang sebaiknya dihindari bagi penderita maag.

1 dari 2 halaman

Hindari Makanan Ini Agar Lambung Tetap Sehat

Promag Ahlinya Lambung

  • Minuman yang Mengandung Alkohol, Kafein, dan Soda

Minuman-minuman tersebut akan memicu pengeluaran asam lambung. Selain itu, minuman bersoda dan beralkohol akan menghasilkan banyak gas dan menyebabkan rasa penuh di perut. Oleh karena itu, sebaiknya hindari mengonsumsi minuman-minuman tersebut.

  • Buah dan Sayur yang Menghasilkan Gas

Terdapat beberapa  buah dan sayur yang dapat menghasilkan gas setelah dikonsumsi yaitu sawi, kol, kubis, kacang-kacangan, dan berbagai macam buah seperti nangka, pisang ambon, kedongdong, dan jenis buah yang dikeringkan.

  • Makanan Asam

Beberapa makanan dapat membuat lambung mengeluarkan asam lebih banyak, sehingga bisa menyebabkan penderita maag mengalami nyeri dan kambuh. Karena itu, hindari makanan atau buah yang bersifat asam beserta jusnya, cuka, kopi dan susu full cream.

  • Beberapa Jenis Karbohidrat

Terdapat beberapa makanan yang mengandung karbohidrat yang tidak baik untuk lambung, seperti ketan, mi, bihun, pasta, jagung, ubi, singkong, dan talas.

0 Komentar

Belum ada komentar