Sukses

Tangani Rematik dengan Konsumsi Kunyit

Pemanfaatan kunyit sebagai obat telah lama dilakukan, salah satunya adalah untuk mengatasi rematik.

KlikDokter.com – Kurkumin, pigmen kuning dari kunyit, telah lama digunakan untuk tujuan kesehatan dalam pengobatan Cina dan Ayurvedic.

Di antaranya untuk kondisi:

  • pencernaan dan hati,

  • kesulitan menstruasi,

  • sakit gigi, 

  • Bahkan banyak yang mengatakan bahwa kunyit juga manjur untuk mengatasi rematik.

Apakah itu benar? Jika ya, bagaimana dengan mekanisme kerjanya? Halaman berikut penjelasannya:

1 dari 2 halaman

Tangani Rematik dengan Konsumsi Kunyit

Neuralgin Rhema

Para ilmuwan dari University of Arizona College of Medicine menyatakan bahwa kunyit dapat membantu mengatasi penyakit rheumatoid arthritis dan osteoporosis. Itu terjadi karena ekstrak kurkuminoid yang ada pada kunyit mampu menghambat faktor NF-KB pada sendi.

Ketika diaktifkan, faktor NF-KB bisa menyebabkan peradangan dan kerusakan jaringan sendi. Oleh sebab itu, kunyit dapat membantu menurunkan rasa sakit dan pembengkakan, meningkatkan mobilitas sendi, serta mencegah keropos tulang.

Kurkumin juga dikenal sebagai antioksidan yang kuat. Antioksidan dapat melindungi sel-sel dari serangan radikal bebas. Perlu diketahui, radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan sel dan penurunan sistem kekebalan tubuh yang selanjutnya menimbulkan infeksi, penyakit degeneratif, dan kanker.

Dengan demikian, antioksidan seperti kurkumin memainkan peran kunci untuk menangani radang sendi dan juga dapat membantu untuk mencegahnya.

0 Komentar

Belum ada komentar