Sukses

Kenali Gejala Cluster Type Headache Pada Anak

Sakit kepala di daerah mata, atau di dalam medis dikenal dengan istilah cluster type headache, tidak hanya dapat mempengaruhi konsentrasi belajar anak, tetapi juga kegiatan sehari-harinya. Bagaimana untuk mengatasinya?

KlikDokter.com – Sakit kepala di area mata sebagian merupakan jenis sakit kepala yang dikenal dalam medis dengan istilah cluster type headache. Sakit kepala ini dapat terjadi secara berulang dalam waktu yang sama selama beberapa hari, minggu dan kemudian akan mereda kembali. Biasanya tidak muncul sampai anak menginjak usia 10, dan lebih umum terjadi pada remaja laki-laki.

Ciri-ciri sakit kepala ini jika terjadi pada anak adalah:

  • Umumnya berkembang dari wilayah sekitar mata dan menyebar ke seluruh wajah, yang hilang dalam waktu 15-180 menit
  • Keluhan sakit kepala disertai oleh salah satu dari tanda berikut: ptosis (kelopak mata menurun), miosis (pupil mengecil), injeksi konjungtiva (mata merah), lakrimasi (air mata menetes), pilek, dan wajah kemerahan, bengkak, atau berkeringat. Semua keluhan tersebut muncul pada satu sisi

Cluster type headache atau sakit kepala klaster terjadi karena pelebaran pembuluh darah yang menekan saraf trigeminal dan bisa saja berhubungan dengan faktor genetik. Penyebab pastinya tidak diketahui.

Lalu bagaimanakah langkah pengobatannya? Halaman selanjutnya penjelasannya:

1 dari 2 halaman

Kenali Gejala Cluster Type Headache Pada Anak

Neuralgin Rhema

Pengobatan untuk sakit kepala klaster pada anak-anak tidak berbeda dengan orang dewasa. Dokter mungkin akan meresepkan karbonat lithium, kortikosteroid, obat anti-kejang atau ergotamine untuk membantu mencegah sakit kepala. Ketika sakit kepala terjadi, menggunakan sumatriptan dalam bentuk semprot hidung dapat memberikan kelegaan secara cepat. Lidocaine juga dapat membantu meringankan gejala.

Untuk menyimpulkan bahwa anak mengalami sakit kepala jenis ini, perlu ditunjang oleh pemeriksaan fisik secara langsung. Kami menyarankan anak Anda berobat ke dokter untuk memastikan diagnosis. Bila diagnosis sudah pasti, maka dapat ditentukan pengobatan yang tepat.

1 Komentar

  • Christian Batllax

    Sy Ingin Konsultasi Dok... Sy, Pria 32 Tahun, perokok dan pemiras. Sy ingin tanya: Sy beberapa hari ini sering merasa sakit pada bagian muka sebelah kiri batas pelipis, hidung&leher sebelah kiri malahan sampai terasa bengkak di sekitar Pelipis dimana daerah dekat hidung. Ini penyakit apa ya Dok???