Sukses

Yoghurt Dapat Mengurangi Nyeri Haid?

Kandungan yang terdapat dalam yoghurt diyakini dapat mengurangi nyeri haid. Benarkah demikian?

KlikDokter.com – Siapa yang tidak mengenal yoghurt? Produk olahan susu ini mulai banyak dijual dengan berbagai merek dan mudah didapat. Bahkan anak-anak pun menyukainya.

Yoghurt adalah bahan makanan yang terbuat dari susu yang difermentasikan oleh bakteri asam laktat, sehingga memiliki rasa asam. Beberapa manfaat dari yoghurt antara lain dapat menghambat pertumbuhan bakteri patogen, meningkatkan sistem imun, dan mengurangi kolesterol pada darah. Selain itu, yoghurt sangat baik dikonsumsi oleh penderita intoleransi laktosa.

Namun, apakah benar jika yoghurt juga baik untuk mengurangi kram atau nyeri haid? Halaman berikut penjelasannya.

1 dari 2 halaman

Yoghurt Dapat Mengurangi Nyeri Haid?

Neuralgin Rhema

Penelitian yang dilakukan oleh Hiroyuki Itoh dan rekan-rekannya, yang diterbitkan dalam Cytotechnology pada tahun 2011 menyebutkan bahwa kandungan Lactobacillus gasseri yang ada pada yoghurt efektif untuk mengatasi endometriosis (salah satu kelainan yang menyerang sistem produksi wanita).

Sebanyak enam puluh enam orang yang didiagnosis mengidap endometriosis didaftarkan pada penelitian tersebut. Mereka diberikan tablet 100 mg L. gasseri dan tablet placebo selama satu kali sehari dalam 12 minggu. Hasilnya, intensitas nyeri haid yang dialami lebih berkurang ketika mereka mengonsumsi L. gasseri ketimbang plasebo. Meski demikian, tidak ada perubahan yang signifikan pada pemeriksaan biokimia darah.  

0 Komentar

Belum ada komentar