Sukses

Musim Hujan, Bukan Penghalang Anak untuk Tetap Aktif

Meski hujan, jangan sampai anak tidak memiliki kegiatan apa pun di rumah. Ajak ia untuk selalu kreatif dan energik.

KlikDokter.com – Genangan air, hujan terus-menerus, dan udara dingin. Tiga hal itu bukanlah alasan bagi Anda maupun anak untuk bermalas-malasan. Melakukan kegiatan positif di rumah pada musim hujan juga diperlukan agar anak tetap aktif dan terstimulasi. Inilah 5 permainan kreatif yang bisa Anda lakukan bersama anak pada musim hujan:

1. Bowling

Jangan mengernyitkan kening dulu. Anda bisa melakukan bowling dengan cara menggunakan botol-botol minuman yang sudah kosong, kemudian Anda tinggal mempersiapkan bolanya. Berikan tepuk tangan yang paling kencang bila anak berhasil menjatuhkan semua botol itu.

2. Origami

Seni melipat kertas dari Jepang ini bisa menjadi alternatif untuk mengisi waktu di kala hujan. Buatlah kapal-kapalan atau mobil-mobilan dengan anak. Tidak hanya rasa senang yang didapatkan, namun juga penyaluran kreativitas dan keterampilan dalam melatih motorik halus.

Berikut permainan yang mendukung aktivitas untuk  perkembangan dan pertumbuhan optimal bagi anak lainnya:

1 dari 2 halaman

Musim Hujan, Bukan Penghalang Anak untuk Tetap Aktif

Cerebrofort Multivitamin Lengkap untuk Tumbuh Kembang Anak

3. Membuat Tenda

Persiapkan tenda sederhana dengan menggunakan selimut besar dan peralatan-peralatan lain seperti senter. Ajak anak untuk membuat skenario yang seru, misalnya petualangan yang menyeramkan di sebuah hutan atau yang lainnya.

4. Senggolan Musik

Menarilah dengan anak sambil saling menabrakkan pinggul. Saat musik berhenti, semua harus duduk. Siapa yang terakhir duduk harus keluar. Permainan berlanjut sampai hanya tersisa satu orang.

5. Mencari Harta Karun

Sembunyikan beberapa benda yang sudah dikenal anak, lalu tandai lokasi dengan huruf X dari kertas karton. Berikan anak petunjuk lisan atau peta untuk menemukan harta karun tersebut. 

0 Komentar

Belum ada komentar