Sukses

Ini Dia Dosis Gula Harian yang Idealnya untuk Anda

Membatasi atau mengurangi asupan gula perlu dilakukan dengan tepat, termasuk menghitung kadar hariannya. Berikut info selengkapnya bersama dr. Muhammad Anwar Irzan di sini.

KlikDokter.com – Gula memang tidak bisa lepas dari konsumsi sehari-hari. Berbagai makanan dan minuman seperti kue, biskuit, permen, soda, serta dessert pun dianggap kurang menggoda jika tidak diberi gula. Tapi tahukah Anda, meski memberikan rasa manis, gula pada dasarnya tidak menawarkan nilai gizi apapun bagi tubuh?

Gula adalah substansi alami yang dihasilkan dari proses refinasi tebu. Dalam proses pembuatan gua, tebu kehilangan semua vitamin, mineral, protein, dan nutrisi penting lain yang dikandungnya.

Jadi, mengonsumsi gula sebenarnya tidak memberi manfaat kesehatan selain tambahan asupan kalori. Di lain sisi, tubuh sebenarnya bisa mendapatkan asupan gula yang cukup dari makanan yang dikonsumsi setiap harinya seperti buah-buahan, sayuran, roti, dan lain-lain.

1 dari 2 halaman

Ini Dia Dosis Gula Harian yang Idealnya untuk Anda

Diabetasol

Rekomendasi Asupan Gula

American Heart Association (AHA) telah merekomendasikan asupan gula yang sehat untuk pria, wanita, dan anak-anak. Berikut adalah angka-angkanya:

  • Pria: 36 gram atau 9 sendok teh
  • Wanita: 20 gram atau 5 sendok teh
  • Anak-anak: 12 gram atau 3 sendok teh

Asupan gula bagi penderita diabetes akan berbeda tergantung dari jenis diabetes yang diderita, dan apakah penderita tergolong hipoglikemik atau hiperglikemia. Dianjurkan berkonsultasi dengan dokter untuk memahami kebutuhan individu akan gula sebelum mengikuti informasi yang disebutkan di atas.

Konsumsi gula harian yang direkomendasikan di atas tidak merujuk pada gula sederhana dari soda dan makanan penutup, tetapi gula kompleks dari karbohidrat dan buah. Hal penting lain, Anda tidak diminta untuk menghilangkan gula sama sekali dari diet, tetapi untuk mengimbangi kelebihan gula dengan olahraga teratur. Menghitung asupan gula harian bukanlah hal yang sederhana, tetapi Anda dapat mengendalikannya dengan melakukan olahraga yang cukup.

Kelebihan gula memicu obesitas, masalah jantung, gigi berlubang, degenerasi tulang, dan diabetes. Jadi perlu diingat bahwa gula soda dan makanan ringan manis lainnya merupakan bagian yang tidak diperlukan dalam diet. Gula merupakan tambahan makanan yang digunakan semata-mata untuk tujuan meningkatkan cita rasa.

0 Komentar

Belum ada komentar