Sukses

3 Fakta Karbohidrat yang Perlu Anda Ketahui

Karbohidrat perlu dibatasi bagi penyandang diabetes. Pasalnya, jika tidak dibatasi, maka kondisi diabetes bisa menjadi parah. Berikut penjelasan dr. Muhammad Anwar Irzan disini.

KlikDokter.com –Pengaturan pola makan penting untuk dilakukan penyandang diabetes. Kuncinya adalah menyeimbangkan asupan karbohidrat dengan insulin.

Apa itu insulin?

Insulin adalah hormon yang membantu tubuh menurunkan jumlah glukosa dalam darah. Jika Anda memiliki diabetes, tubuh tidak menghasilkan insulin yang cukup untuk mempertahankan kadar gula darah yang normal atau Anda tidak merespon dengan baik untuk itu. Berikut adalah tiga hal seputar karbohidrat yang penting untuk diketahui bagi penyandang diabetes:

1. Karbohidrat dan Glukosa Darah

Karbohidrat dari segala bentuk, termasuk gula, dipecah oleh sistem pencernaan dan diubah menjadi glukosa, yang kemudian disekresikan ke dalam darah. Akibatnya, gula dan karbohidrat memiliki efek langsung terhadap kadar glukosa darah dari lemak dan protein. Karena penyandang diabetes cenderung memiliki kadar glukosa darah yang lebih tinggi, penting bagi mereka untuk membatasi asupan karbohidrat.

1 dari 2 halaman

3 Fakta Karbohidrat yang Perlu Anda Ketahui

Diabetasol

2. Jenis-jenis Karbohidrat

Ada tiga jenis utama karbohidrat: karbohidrat sederhana, karbohidrat kompleks, dan serat. Gula pasir termasuk ke dalam karbohidrat sederhana. Gula lainnya seperti fruktosa ditemukan pada buah-buahan dan laktosa yang hadir dalam produk susu. Gula tersebut dipecah lebih cepat oleh tubuh, sehingga memiliki efek yang lebih langsung terhadap kadar glukosa darah daripada jenis lain dari karbohidrat. Oleh karena itu, jika harus makan makanan yang manis, pastikan bahannya tidak seluruhnya terdiri dari gula pasir atau gula buah yang sederhana.

3. Menghitung Karbohidrat dan Kalori

The American Diabetes Association menyarankan penyandang diabetes untuk membatasi konsumsi karbohidrat dan gula, yakni mengonsumsi antara 45 dan 60 gram karbohidrat setiap kali makan. Hal ini akan membuat kadar glukosa darah tetap stabil. Biasakan juga untuk membaca kandungan karbohidrat pada label makanan, namun Anda dapat meminta bantuan dokter atau pakar gizi untuk perhitungan yang lebih akurat.

0 Komentar

Belum ada komentar