Sukses

Intip Manfaat Yoga untuk Kulit

Siapa bilang yoga hanya bermanfaat untuk ketenangan? Dengan pose-posenya yang bervariasi, yoga juga memiliki sejumlah keuntungan bagi kesehatan kulit.

KlikDokter.com – Yoga merupakan suatu praktik yang dikembangkan di India sejak masa lampau. Latihan yang menggabungkan postur tubuh (asana), teknik pernapasan (pranayama), dan meditasi ini telah terbukti bermanfaat untuk tubuh serta pikiran. Selain mampu merestorasi sisi dalam dan luar tubuh, yoga juga dipercaya dapat meremajakan kulit. Masalah-masalah kulit apa saja yang dapat diatasi dengan melakukan yoga secara rutin? Berikut di antaranya:

Flek hitam

Flek hitam, atau melasma, adalah pigmentasi kulit yang berlebihan, tidak teratur, dan berwarna coklat muda hingga kehitaman pada wajah. Umumnya menyerang usia dewasa (sekitar usia 25-44 tahun) dengan kasus terbanyak pada wanita. Lakukanlah pose-pose ini untuk mengatasi flek hitam:

  • Surya Namaskar
  • Bhujangsana
  • Shirshasana

Ketiga pose tersebut akan memperlancar aliran darah di wajah, sehingga dapat membantu memerangi flek hitam.

Beberapa masalah kulit wajah yang dapat terbantu dari manfaat yoga:

1 dari 2 halaman

Intip Manfaat Yoga untuk Kulit

H2 Health & Happiness

Beberapa masalah kulit wajah yang dapat terbantu dari manfaat yoga:

Jerawat

Yoga bisa membantu menghilangkan stres, yang merupakan salah satu faktor pencetus jerawat, sehingga yoga dipercaya mampu mengatasi masalah jerawat. Salah satu pose yoga yang terbukti dapat mengendurkan sistem saraf otonom adalah forward bends (sikap mencium lutut dengan kaki dan punggung lurus).

Eksim

Eksim, atau dermatitis atopik, berkaitan erat dengan faktor emosional seperti depresi dan stres sehingga mampu mempengaruhi kesehatan kulit. Melakukan yoga secara rutin akan membantu suasana hati menjadi lebih stabil. Gabungkanlah latihan pernapasan (pranayama) di sela-sela pose yoga, begitu juga dengan child's pose dan corpse pose.

Meski yoga adalah praktik yang bermanfaat, namun yoga bukanlah pengganti perawatan medis. Beberapa masalah serius pada kulit tetap harus dikonsultasikan kepada dokter. Latihan yoga yang Anda lakukan juga sebaiknya sudah melalui konsultasi dengan dokter. 

0 Komentar

Belum ada komentar