Sukses

4 Manfaat Jus Bit Merah

Bit merah tidak hanya bermanfaat untuk memberikan warna alami dalam pembuatan produk pangan, tetapi juga memiliki segudang khasiat bagi tubuh.

KlikDokter.com – Bit merah (beta vulgaris) mungkin belum terlalu popular bagi masyarakat Indonesia. Namun, jenis sayuran akar ini memiliki manfaat yang tak kalah banyak dari bayam, brokoli, dan lainnya.

Selain kaya akan nutrisi, bit merah juga mengandung senyawa pigmen betalain yang berfungsi sebagai antioksidan. Antioksidan merupakan substansi yang dapat melindungi sel-sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Bit merah tidak hanya dapat disajikan sebagai sup atau direbus untuk dijadikan salad, tetapi juga nikmat untuk disuguhkan sebagai jus. Berikut ini adalah empat manfaat jus bit merah bagi kesehatan Anda:

1. Menurunkan Tekanan Darah

Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam “Hypertension” pada tahun 2010, minum jus bit dapat menurunkan tekanan darah tinggi dalam sehari.

Para peneliti menyimpulkan bahwa jus bit sama efektifnya dengan mengonsumsi resep obat nitrat. Mengapa demikian? Jus bit memiliki komponen nitrat, sehingga dapat meningkatkan aliran darah dengan melebarkan pembuluh darah dan mengendurkan otot polos. 

1 dari 2 halaman

4 Manfaat Jus Bit Merah

H2 Health & Happiness

2. Meningkatkan Fungsi Otak

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2010 dalam “Nitric Oxide: Biology dan Chemistry” menemukan bahwa ketika para partisipan lansia mengalami peningkatan aliran darah ke otak ketika mereka minum jus bit.  

Seperti diketahui, seiring dengan bertambahnya usia, seseorang akan mengalami penurunan aliran darah. Ini berarti nutrisi yang masuk lebih sedikit dan oksigen pun kurang. 

3. Meningkatkan Stamina

Sebuah penelitian yang diterbitkan di “Journal of Applied Physiology” menemukan bahwa para partisipan bersepeda 2 persen lebih lama setelah minum jus bit daripada mereka yang mengonsumsi plasebo. Ini dikarenakan kandungan nitrat yang terdapat dalam bit mampu mengurangi jumlah oksigen yang dibutuhkan selama latihan, sehingga dapat menghemat energi. 

4. Mengatasi Anemia

Jus bit mengandung kadar besi yang mengikat oksigen ke sel-sel darah merah, dan memasok tubuh dengan oksigen. Oleh sebab itu, jus bit sangat bermanfaat sebagai obat anemia untuk anak-anak dan remaja.

0 Komentar

Belum ada komentar