Sukses

3 Keajaiban Kunyit untuk Kulit

Begitu banyak sumber daya alam yang menguntungkan bagi manusia, salah satunya adalah kunyit. Dan tahukah Anda, kandungan di dalam kunyit ternyata juga berguna untuk kesehatan kulit?

KlikDokter.com – Curcuma longa atau yang lebih dikenal sebagai kunyit, adalah tanaman dalam keluarga jahe yang tumbuh secara alami di India dan daerah tropis lainnya di Asia. 

Di Indonesia, kunyit telah dikenal dan dimanfaatkan oleh masyarakat secara luas baik di perkotaan maupun di pedesaan, misalnya untuk resep masakan. Beberapa orang juga menggunakan kunyit sebagai pengobatan herbal.

Kurkumin, senyawa utama yang terkandung dalam kunyit, diakui memiliki sifat yang dapat melawan kanker kulit, sehingga mampu mencegah pertumbuhan pembuluh darah tumor dan efek langsung pada sel-sel kanker. 

Berikut ini adalah keutamaan-keutamaan kunyit bagi kulit:

1 dari 2 halaman

3 Keajaiban Kunyit untuk Kulit

H2 Health & Happiness

kunyit, sehat1. Mengobati Kudis

Kudis adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh tungau Sarcoptes scabei, yang ditandai dengan rasa gatal pada bagian kulit seperti sela-sela jari, siku, dan selangkangan.

Untuk mengobati kudis, ini caranya: sediakan rimpang kunyit 50 gram, daun sambiloto 3 helai, belerang 20 g, miyak kelapa 3 sendok makan, dan tawas 10 g. Kemudian bahan-bahan tersebut, kecuali minyak kelapa, dicampur menjadi satu dan ditumbuk hingga halus. Setelah itu campurkan dengan minyak kepala dan aduk hingga rata.

Ramuan tersebut dapat dipergunakan dengan cara mengoleskan langsung pada kulit yang terserang kudis. Oleskan sesudah mandi, setidaknya 2 kali sehari. 

2. Menyembuhkan Luka dan Eksim

Kurkumin dan minyak atsiri dalam kunyit memiliki sifat antiperadangan yang baik untuk menyembuhkan luka serta mengobati eksim.

3. Mengurangi Bekas Jerawat

Dr. Vasant Lad dari Ayurvedic Institute di New Mexico merekomendasikan penggunaan kunyit dengan bubuk kayu cendana untuk mengobati bekas luka jerawat. Campurkan sesendok kunyit sekaligus bubuk kayu cendana pada air matang. Setelahnya, bubuhi sedikit pada area yang meradang dan biarkan hingga kering sebelum membilasnya. Anda bisa melakukan perawatan ini sebanyak tiga kali per minggu sampai gejala mereda. 

1 Komentar