HomeInfo SehatKulit3 Tips Awet Muda
Kulit

3 Tips Awet Muda

dr. Alvin Nursalim, SpPD, 13 Apr 2015

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

3 Tips Awet Muda. Awet muda adalah impian banyak orang. Kulit tetap kencang dan stamina terjaga meski usia kian bertambah. Proses penuaan sejatinya mutlak. Namun demikian masih menyisakan misteri yang perlu ditelusuri oleh para ilmuwan. Hal apa yang menye

3 Tips Awet Muda

Awet muda adalah impian banyak orang. Kulit tetap kencang dan stamina terjaga meski usia kian bertambah. Proses penuaan sejatinya mutlak. Namun demikian masih menyisakan misteri yang perlu ditelusuri oleh para ilmuwan.

Hal apa yang menyebabkan seorang menjadi lemah, berkeriput dan pada akhirnya meninggal dunia? Itu adalah pertanyaan misteri yang belum terjawab.

Proses penuaan bagai proses alami yang mutlak tidak dapat diubah. Namun, kini secercah harapan mulai terlihat dan menguak misteri penuaan pada manusia. Proses yang mendasari penuaan manusia diyakini karena pemendekan dari sebuah untaian tali genetik DNA manusia, bernama Telomer.

Pada prinsipnya sel manusia senantiasa membelah atau berduplikasi untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya. Setiap sel yang berduplikasi dipercaya mengakibatkan telomer menjadi semakin pendek.

Tak ayal semakin tua seseorang dan semakin banyak duplikasi sel yang terjadi, maka telomer akan semakin pendek. Pemendekan telomer ini akan berujung pada penuaan dan pada akhirnya kematian.

Awet Muda dengan Pola Hidup Sehat

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan di Ameriksa Serikat, pola hidup sehat ternyata dapat memperpanjang telomer. Seperti yang dijelaskan diatas bahwa pemendekan telomer berhubungan dengan penuaan.

Walalupun penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk mengkonfirmasi hasil penelitian yang sudah ada, namun tentu hasil penelitian ini memberikan kunci awal bagaimana tetap awet muda dan sehat.

Pola hidup sehat yang dianjurkan dalam penelitian yang menjadi kunci awet muda adalah sebagai berikut:

  1. Cobalah makan protein berumber dari tanaman seperti kedelai, kacang-kacangan. Banyak makan sayur dan buah, makan gandum dan coba kurangi kandungan lemak dalam diet anda.
  2. Biasakan untuk berolah raga tingkat sedang selama 30 menit selama enam hari per minggu. Lari di sekitar rumah bisa jadi cara mudah menuju kesehatan.
  3. Kurangi tingkat stress Anda dengan melakukan aktivitas peregangan seperti yoga, latihan pernafasan dan meditasi selama setidaknya 60 menit setiap hari.
  4. Lakukan perawatan kulit secara rutin. Anda dapat mulai mengaplikasikan krim malam ketika menjelang tidur dan mulai menggunakan krim moisturizer untuk wajah yang mengandung retinol dan AHA di pagi hari untuk menjelang hari. Retinol dan AHA membantu regenerasi sel kulit lebih intensif dan membantu menghilangkan kerutan pada wajah Anda.

Artikel Lainnya: 30 Tips Agar Tulang Kuat dan Badan Sehat Saat Menuju Kepala 3

Penelitian ini menyimpulkan bahwa pola hidup sehat berhubungan dengan pemanjangan telomer. Walaupun diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengkonfirmasi hasil penelitian ini, namun tidak ada salahnya mengadopsi pola hidup sehat.

Pola hidup sehat seperti yang dipaparkan diatas, sudah terbukti bermanfaat dalam pencegahan penyakit jantung dan pembuluh darah. Jadi tunggu apa lagi? Yuk, kita jaga pola makan dan  berolah raga teratur,  untuk hidup awet muda dan terhindar dari penyakit!

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter dan Temu Dokter di aplikasi KlikDokter.

(AN)

Anti Aging3 Tips Awet Muda

Konsultasi Dokter Terkait