Sukses

Serba-serbi Kehamilan Kembar

Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi kehamilan kembar? Apakah saya juga dapat hamil anak kembar? Berikut info medis dr. Nadia Octavia.

Klikdokter.com - Sesorang yang mengalami kehamilan kembar seringkali tidak hanya dipengaruhi oleh faktor genetik, namun juga dapat diperoleh dari fertilisasi secara in vitro. Ketika Anda terdiagnosa kehamilan kembar, Anda perlu mengetahui hal-hal berikut:

Bagaimana kehamilan kembar terbentuk?

Kembar fraternal, yaitu salah satu jenis yang tersering, terjadi ketika dua sel telur yang berbeda dibuahi oleh dua sperma yang berbeda. Masing-masing janin memiliki plasenta dan kantung amnion sendiri. Secara genetis, mereka tak ubahnya bagai saudara kandung saja.

Sedangkan kembar identik terjadi ketika satu sel telur yang telah dibuahi terpisah dan berkembang menjadi 2 janin yang berbeda. Kembar identik mungkin berbagi plasenta yang sama namun kantung amnionnya berbeda. Secara genetis, kedua bayi tersebut identik. Sedangkan pada kehamilan kembar 3 atau lebih dapat berupa kembar fraternal, identik atau kombinasi keduanya.

Jika mengalami kehamilan kembar, apa yang harus saya lakukan? Simak halaman berikutnya.

1 dari 2 halaman

Serba-serbi Kehamilan Kembar

1. Periksakan kehamilan Anda lebih rutin

Anda perlu memeriksakan kehamilan lebih rutin untuk mengetahui perkembangan dan pertumbuhan bayi Anda, monitor kesehatan Anda dan memperhatikan tanda-tanda persalinan preterm (persalinan yang terjadi pada usia kehamilan 20-37 minggu).

2. Nutrisi

Anda perlu memperoleh asam folat, kalsium, zat besi, protein dan nutrisi esensial lebih banyak. Konsultasikan dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan Anda terkait hal ini.

3. Berat badan

Pertambahan berat badan yang sesuai dapat memdukung kesehatan bati Anda. Pada kehamilan kembar, penambahan berat badan yang direkomendasikan adalah 17-25 kg untuk wanita yang memiliki berat badan ideal sebelum kehamilan, hal ini berarti dengan memperoleh penambahan ekstra 600 kalori.

4. Perhatian khusus

Tanyakan dengan dokter Anda apakah Anda perlu membatasi aktivitas seperti: pekerjaan, berpelesir dan aktivitas fisik, seiring dengan kehamilan Anda.

Komplikasi dan risiko apakah yang mungkin terjadi jika saya mengalami kehamilan kembar?

a.         Hipertensi

b.         Melahirkan bayi prematur

c.         Twin-twin transfusion

d.         Melahirkan melalui operasi caesar

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar