HomeInfo SehatGigi MulutBenarkah Makanan Asam Dapat Menyebabkan Gigi Ngilu?
Gigi Mulut

Benarkah Makanan Asam Dapat Menyebabkan Gigi Ngilu?

Klikdokter, 08 Apr 2015

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Ada beberapa pendapat, gigi sensitif banyak disebabkan oleh makanan yang rasa dan sifatnya asam. Benarkah demikian?

Benarkah Makanan Asam Dapat Menyebabkan Gigi Ngilu?

Sering kali orang mengeluh ngilu pada gigi setelah mengkonsumsi makanan atau minuman yang panas, dingin, dan manis. Hal tersebut dalam istilah kedokteran dikenal dengan hipersensitif dentin. Apa itu hipersensitif dentin? Berikut penjelasannya.

Hipersensitif dentin digambarkan sebagai rasa nyeri yang berlangsung singkat dan tajam yang timbul akibat dentin yang terpapar terkena rangsangan seperti panas, dingin, uap, sentuhan, atau kimiawi. Walaupun rangsangan yang memicu rasa nyeri tersebut bisa bermacam-macam, tetapi rangsangan dingin merupakan pemicu yang paling sering dikeluhkan. 

Hipersensitif dentin bisa terjadi pada daerah gigi mana pun, tetapi daerah yang paling sensitif adalah daerah servikal dan permukaan akar gigi. 

Bagaimana dengan makanan asam? Apakah mengonsumsi makanan asam dapat menyebabkan gigi ngilu? Halaman selanjutnya penjelasannya.

Makanan Asam & Gigi Ngilu

Rasa ngilu juga dapat dipicu oleh rangsangan kimiawi seperti mengkonsumsi makanan yang mengandung asamya itu buah-buahan terutama buah jeruk; minuman bersoda yang mengandung asam karbonat dan asam sitrat; saus salad; teh herbal; dan alkohol. Bahan-bahan dengan pH rendah tersebut dapat menyebabkan hilangnya jaringan keras gigi (email dan dentin) melalui reaksi kimia tanpa melibatkan aktivitas bakteri, yang disebut erosi. Lingkungan rongga mulut yang asam juga akan menyebabkan terbukanya tubulus dentin lebih banyak lagi yang mengakibatkan terjadinya peningkatan sensitivitas gigi.

Jika Anda mengkonsumsi makanan-makanan yang asam, pastikan bahwa setelahnya Anda menetralkan pH dalam mulut dengan banyak minum air putih. Jangan lupa juga untuk menyikat gigi secara rutin agar kebersihan gigi dan mulut selalu terjaga. Selain itu, pilihlah pasta gigi khusus gigi sensitif yang mengandung Hydroxyapatite (hap mineral) – salah satu komponen mineral utama pembentuk dentin dan email gigi, biasa ditemukan pada gigi dan tulang pada tubuh manusia yang bermanfaat untuk mencegah rasa ngilu sampai ke saraf gigi. 

perawatan gigiGigimakananpenyebabSebab.SensitifNgilu

Konsultasi Dokter Terkait