Sukses

5 Buah-buahan yang Bisa Merusak Permukaan Gigi

Buah-buahan memang menyehatkan. Tapi ternyata, ada beberapa buah yang bisa merusak gigi Anda. Bagaimana bisa? Buah apa saja? Berikut di sini penjelasan drg. Arni Maharani.

KlikDokter.com –Gigi yang kuat tidak lepas dari pola makan yang sehat. Karena itu, Anda harus berhati-hati dalam memilih asupan nutrisi yang masuk ke dalam mulut. Contohnya, buah-buahan. Di balik kandungannya yang bermanfaat, buah-buahan juga mempunyai PH yang rendah atau bersifat asam.

Ironisnya, asam inilah yang bisa berdampak buruk bagi gigi, yakni kerusakan pada lapisan terluar gigi (email), sehingga gigi menjadi ngilu dan sensitif. Berikut ini 5 buah-buahan yang mempunyai sifat asam yang tinggi:

  • Jeruk

  • Lemon

  • Anggur

  • Stroberi

  • Nanas 

Lalu buah apa yang bisa dimakan tanpa menyimpan kekhawatiran gigi menjadi sensitif? Halaman selanjutnya penjelasannya:

1 dari 2 halaman

Buah yang Rendah Asam

apelMengenai buah-buahan yang baik bagi gigi dan gusi, di antaranya adalah buah segar yang kandungan gulanya tidak terlalu tinggi dan tidak begitu asam, misalnya apel.

Apel disebut sebagai ‘sikat gigi alami’ karena mengandung banyak serat dan merangsang aliran saliva (air liur), di mana saliva berperan penting sebagai pembersih alami yang membilas sisa makanan di rongga mulut.

Hindari juga buah-buahan yang dikeringkan karena kandungan gulanya bisa saja lebih tinggi daripada buah segar.

Secara umum Anda dapat memilih buah dan sayuran yang kaya akan Vitamin A dan C, zat besi, dan kalsium seperti tomat, seledri, timun, kismis, belimbing, pepaya, dan sayur-sayuran hijau.

0 Komentar

Belum ada komentar