Sukses

Memutihkan Gigi Bisa Bikin Gigi Jadi Lebih Sensitif?

Pastinya jadi lebih percaya diri jika gigi lebih putih. Tapi tahukah Anda, ada yang bilang memutihkan gigi punya efek samping membuat gigi jadi lebih sensitif dan mudah ngilu? Berikut penjelasan drg. Arni Maharani di sini.

KlikDokter.com – Gigi yang mengalami perubahan warna dapat menurunkan kepercayaan diri dan mengurangi keindahan penampilan. Perubahan warna yang terjadi pada gigi ini dapat ditanggulangi dengan prosedur dental bleaching.

Dental bleaching merupakan suatu cara pemutihan kembali gigi yang berubah warna sampai mendekati warna asli gigi dengan proses perbaikan secara kimiawi. Tujuan pemutihan gigi adalah untuk mengembalikan fungsi estetis.

Namun, adakah efek samping dari pemutihan gigi?

Kemungkinan efek samping yang paling banyak dialami pada saat proses pemutihan adalah gigi sensitif. Beberapa pasien mempunyai riwayat gigi sensitif setelah sekali pengaplikasian dari bahan bleaching. Gigi menjadi sensitif terhadap udara, air panas dan dingin, serta sensitif terhadap makanan dan minuman yang manis.

Halaman berikut menjelaskan apa yang harus Anda lakukan jika mengalami efek samping dari pemutihan gigi.

1 dari 2 halaman

Hal yang Anda Perlu Lakukan Jika Terjadi Efek Samping Pemutihan Gigi

Ketika efek samping pada seseorang terjadi secara kebetulan selama proses pemutihan, proses tersebut harus dihentikan. Bagi kebanyakan orang, efek samping yang mereka rasakan tidak pernah terlalu signifikan dibandingkan dengan proses bleaching-nya. Umumnya, efek samping ringan pada seseorang yang dapat ditoleransi selama proses pemutihan akan menurun dalam beberapa hari setelah mereka menyelesaikan perawatannya.

Bahan kimia yang digunakan untuk pemutihan gigi di klinik umumnya hidrogen peroksida dengan kadar efektif untuk memutihkan gigi. Hidrogen peroksida, dalam bentuk gel atau pasta, secara kimia memiliki sifat hypertonic dibandingkan cairan pada struktur gigi dan jaringan sekitarnya. Kondisi tersebut menyebabkan terjadinya proses penyerapan air dari tekanan yang lebih rendah. Dalam hal ini dari email, tubulus dentin dan lapisan epitel mukosa atau gusi. Proses dehidrasi tersebut menimbulkan rasa ngilu dan sensitif.

Beberapa jenis merk bahan pemutih gigi mengeluarkan produk yang disebut desensitizing agent, biasanya mengandung fluor yang dapat diaplikasikan di permukaan gigi untuk mengurangi rasa ngilu. Namun jika bahan ini tidak tersedia, pasien dapat menggunakan pasta gigi khusus gigi sensitif. Berbagai penelitian klinis menunjukkan hasil bahwa penggunaan pasta gigi yang mengandung hydroxyapatite (HAP), potassium citrate, dan sodium monofluorophospate dapat membantu mengurangi rasa ngilu dalam 30 detik dan mengoptimalkan proses remineralisasi email gigi. 

0 Komentar

Belum ada komentar