Sukses

Cara Hidup Sehat & Bebas Penyakit

Terdengar seperti nasehat yang membosankan? Tapi percayalah ini yang terpenting dalam kesehatan, karena mencegah lebih baik daripada mengobati. Berikut saran dr. Atika disini.

KlikDokter.com -  ‘Health is not everything, but without health everything is nothing’. Kesehatan bukanlah segalanya, namun tanpa kesehatan, segala sesuatu tidak berarti apa-apa. Contohnya, saat kesehatan terganggu seseorang tentunya tidak mungkin bisa menikmati liburannya, sekalipun ia berlibur keliling dunia.

Kesehatan adalah modal dasar untuk bisa melakukan segala macam aktivitas. Kesehatan juga merupakan investasi untuk menjalani masa tua yang bahagia. Semua orang memiliki hak untuk hidup sehat, namun kondisi yang sehat hanya dapat dicapai dengan kemauan yang tinggi untuk memperolehnya serta mengubah perilaku tidak sehat menjadi perilaku yang sehat. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) adalah strategi yang dicanangkan oleh Departemen Kesehatan, sebagai pedoman untuk mencapai kondisi tubuh dan lingkungan yang sehat.

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

Setiap individu harus memiliki kesadaran sendiri dan berperan aktif dalam mempraktikkan PHBS dalam kehidupan sehari-hari. PHBS yang dikeluarkan oleh Departemen Kesehatan terbagi untuk beberapa aspek, misalnya di rumah tangga, lingkungan kerja, tempat umum, fasilitas layanan kesehatan, dan sekolah. Dengan perilaku hidup bersih kita dapat terhindar dari penyakit-penyakit seperti hepatitis, diare, infeksi saluran nafas, hepatitis, infeksi kulit, dan lain-lain.

Halaman berikut menjelaskan beberapa perilaku dan kebiasaan bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari.

1 dari 2 halaman

Beberapa Contoh Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

Lifebuoy Clini Shield

Berikut ini adalah perilaku dan kebiasaan hidup sehat yang sebaiknya dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari:

1. Menggunakan Air Bersih

Air yang digunakan untuk dikonsumsi maupun membersihkan peralatan rumah tangga harus menggunakan air yang bersih. Air yang keruh dan sudah terkontaminasi kotoran atau limbah kimia berisiko menyebabkan penyakit di tubuh.

2. Mencuci Tangan dengan Air dan Sabun

Meskipun secara kasat mata tangan tampak bersih, tangan bisa saja mengandung kuman dalam jumlah banyak. Bila hanya dibasuh dengan air, kuman masih hidup dan bisa bertahan di kulit. Saat menyentuh hidung, mulut, dan mata, kita akan memindahkan kuman-kuman ini ke tubuh dan akhirnya muncullah penyakit.

3. Menggunakan Jamban dengan Sanitasi yang Baik

Dari kotoran manusia, dikeluarkan bakteri-bakteri yang bertugas untuk melakukan pembusukan di usus besar manusia. Bila bakteri ini mencemari air yang dikonsumsi manusia, maka akan menyebabkan radang saluran cerna dan terjadi muntah hingga diare.

4. Membuang Sampah Pada Tempatnya

Sampah (terutama yang berasal dari bahan organik) mengandung banyak kuman, bakteri, dan cacing. Selain itu sampah dapat memanggil lalat untuk berkerumun. Lalat yang baru saja hinggap di sampah akan membawa kuman dan bakteri pada kaki-kakinya, dan bila ia hinggap ke makanan manusia maka kuman dan bakteri itu akan sampai di tubuh manusia.

5. Tidak Merokok

Rokok mengandung banyak bahan berbahaya yang bila dikonsumsi dalam jangka panjang dapat menyebabkan penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), kanker pita suara, dan kanker paru-paru.

Langkah-langkah di atas terbilang sederhana dan bisa dilakukan dengan tanpa menimbulkan biaya yang memberatkan. Hanya dengan membiasakan diri melakukan cara-cara tersebut kita dapat menurunkan risiko terjangkit penyakit yang berat. Ajaklah seluruh keluarga untuk mempraktikkan perilaku di atas, agar kesehatan seluruh anggota keluarga dapat terjaga. 

0 Komentar

Belum ada komentar