Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeIbu Dan anakKesehatan Anak5 Nutrisi yang Dapat Membantu Anak Lebih Fokus Belajar
Kesehatan Anak

5 Nutrisi yang Dapat Membantu Anak Lebih Fokus Belajar

Tim Redaksi KlikDokter, 20 Mar 2015

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Ada beberapa zat nutrisi yang bisa membantu anak lebih fokus belajar. Berikut beberapa diantaranya.

5 Nutrisi yang Dapat Membantu Anak Lebih Fokus Belajar

KlikDokter.com - Pepatah “You are what you eat” tidak hanya berlaku untuk kulit, otot, dan tulang anak. Gizi juga bisa mempengaruhi ketajaman konsentrasi pada anak, karena itu tak heranlah bila apa yang anak makan akan berpengaruh pada perilaku serta prestasi akademisnya.

Jika Anda merasa bahwa nilai-nilai anak semakin turun karena ia kurang konsentrasi, mungkin Anda perlu mengubah menu makanannya.

Berikut adalah makanan-makanan yang dapat membantu anak tetap fokus dalam belajar:

1. Antioksidan

Kandungan antioksidan yang tinggi pada makanan terbukti dapat meningkatkan memori dan fungsi otak. Zat ini bisa ditemukan dalam buah dan sayuran berwarna, biji-bijian, serta kacang-kacangan. Supaya anak tidak bosan, orangtua dapat menyajikan makanan tersebut dalam bentuk smoothie atau bisa juga dengan roti panggang. 

Nutrisi Lainnya untuk Membantu Anak Fokus Belajar

2. Lemak

DHA atau docosahexaenoic acid adalah salah satu asam lemak utama yang mendukung pertumbuhan otak yang sehat. Pada beberapa penelitian, termasuk yang diterbitkan dalam “Paediatrics and Child Health” menyatakan bahwa suplementasi dengan minyak ikan—sumber utama DHA—mampu memperbaiki gejala kurang fokus dan konsentrasi yang biasa didiagnosa pada anak penderita ADHD. Makanan-makanan yang mengandung DHA alami bisa ditemukan pada salmon, makerel, dan rumput laut.

3. Besi

Besi juga sangat berperan dalam perkembangan otak. Makalah yang diterbitkan dalam  “Food and Nutrition Bulletin” mencatat bahwa defisiensi besi mampu mempengaruhi perkembangan psikomotor bayi. Efeknya pun bisa berlangsung hingga masa kanak-kanak, di mana anak akan menunjukkan kinerja tes kognitif yang lemah. Sumber zat besi yang baik dapat diperoleh dari kacang kenari, lentil, dan daging sapi.

4. Magnesium

Menurut penelitian yang dilakukan di University of Maryland Medical Center, kekurangan magnesium dapat menyebabkan penurunan rentang perhatian. Karenanya, magnesium dapat membantu anak-anak untuk lebih fokus. Sumber magnesium meliputi roti gandum, kacang, dan selai kacang.

5. Vitamin B

Vitamin B12 merupakan salah satu dari delapan jenis vitamin B yang diperlukan untuk tubuh. Vitamin B12 memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan sel-sel saraf dan menambah fokus. Kebutuhan tubuh akan vitamin B12 bisa didapatkan dari bahan makanan seperti hati sapi, ikan, unggas, telur, dan susu. Selain itu vitamin B6 juga berperan penting dan dapat diperoleh dari pisang, kacang-kacangan, ayam, dan biji-bijian. 

belajarAnakInfo NutrisiFokus

Konsultasi Dokter Terkait