Mata

3 Sayuran yang Membuat Mata Sehat

dr. Atika, 10 Mar 2015

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Tidak begitu sulit untuk menjaga kesehatan mata. Selain pola hidup sehat, Anda cukup rutin mengonsumsi 3 sayuran berikut ini.

3 Sayuran yang Membuat Mata Sehat

KlikDokter.com – Mata adalah salah satu organ penting pada tubuh manusia. Hampir setiap aktivitas yang kita lakukan berhubungan dengan mata, seperti membaca, menonton televisi, dan lain-lain. Karena itu, menjaga kesehatan mata harus menjadi prioritas utama.

Perawatan dari luar bisa dilakukan dengan cara menghindari menggunakan riasan mata yang sudah berusia lebih dari 3 bulan, terutama dalam bentuk cairan atau krim seperti maskara; memakai kacamata hitam jika berada di luar ruangan untuk melindungi diri dari UV-A dan UV-B; serta meminimalisasi bekerja di depan layar komputer secara terus-menerus.

Perawatan dari dalam berhubungan dengan asupan makanan sehari-hari. Konsumsilah secara rutin buah-buahan yang terbukti baik untuk mata, di antaranya alpukat, jeruk, pepaya, dan kiwi. Tidak hanya buah-buahan, sayur juga penting untuk memelihara kesehatan mata.

Di halaman berikut ini terdapat tiga jenis sayuran yang bermanfaat untuk mata:

Inilah Sayuran yang Dapat Menyehatkan Mata Anda:

1. Sayuran Hijau Gelap

Sayuran hijau gelap kaya akan antioksidan lutein dan zeaxanthin. Dua antioksidan tersebut merupakan pigmen alami yang membantu mencegah degenerasi makula, yang dapat menyebabkan kebutaan. Lutein bisa ditemukan dalam bayam, selada, dan brokoli. Sementara itu zeaxanthin ada pada kale dan bayam.

2. Wortel dan Ubi Jalar

Menurut penelitian yang dilakukan di University of Maryland Medical Center, orang yang mengonsumsi banyak makanan yang mengandung vitamin A, seperti wortel segar dan ubi jalar, memiliki risiko lebih rendah menderita katarak. Tingginya kandungan beta-karoten dalam wortel juga membantu meningkatkan kejernihan mata, mencegah terjadinya rabun senja, dan memperbaiki penglihatan yang lemah.

3. Paprika

Paprika mengandung dua jenis vitamin yang berperan penting bagi kesehatan mata, yaitu vitamin A dan vitamin C. Vitamin A dapat mencegah terjadinya degenerasi makula. Sedangkan vitamin C dapat membantu mencegah terjadinya katarak.

Selain mengonsumsi makanan di atas, sebaiknya Anda juga rutin mengonsumsi suplemen mata yang mengandung komposisi lengkap seperti SOD, lutein, dan zeaxanthin untuk menjaga kesehatan mata Anda.

NutrisiMatasehatgiziNutrisi Untuk Mata

Konsultasi Dokter Terkait