Sukses

Solusi Nyeri Punggung Setelah Melahirkan

Nyeri punggung kerap mendera bahkan setelah proses melahirkan. Baik itu disebabkan aktivitas menggendong bayi, mengganti popok bayi, belum lagi dipicu faktor stres dan kelelahan. Tipsnya disini.

KlikDokter.com – Banyak yang mengira bahwa sakit punggung akan hilang dengan sendirinya pasca melahirkan. Faktanya tidak demikian. Setelah melahirkan kegiatan mengangkat dan menggendong bayi yang semakin banyak, ditambah dengan faktor stres karena kelelahan, bisa membuat nyeri punggung kambuh atau bahkan lebih parah. Berikut adalah kiat-kiat untuk mengurangi risiko cedera pada punggung:

  • Lakukan peregangan selama 10 menit setiap hari akan mengembalikan fleksibilitas pinggul dan punggung. Untuk Anda yang menjalani proses cesar hendaknya menunggu 6 minggu dengan persetujuan dokter sebelum mulai berolahraga.

  • Cobalah mengembalikan berat badan semula dalam waktu 6 minggu setelah melahirkan.

  • Sakit tulang belakang biasanya disebabkan oleh kenaikan berat badan. Oleh karena itu, menurunkan berat badan bisa menjadi salah satu cara untuk memulihkan diri.

Halaman berikut terdapat kiat mengatasi dan mencegah nyeri punggung selanjutnya:

1 dari 2 halaman

Halaman berikut terdapat kiat mengatasi dan mencegah nyeri punggung selanjutnya:

Neuralgin Rhema

  • Saat hendak mengangkat bayi, usahakan untuk meluruskan lengan, lalu dekatkan bayi ke dada Anda. Hindari melengkungkan tubuh Anda.

  • Saat akan mengangkat bayi Anda dari lantai, jangan langsung membungkukkan badan. Namun, berjongkoklah, kencangkan otot perut, lalu angkat dengan tungkai Anda.

  • Pertimbangkan untuk menggunakan gendongan bayi di depan pada saat berjalan.

  • Untuk menghindari nyeri punggung atas karena menyusui, dekatkan bayi pada dada anda. Jangan membungkuk. Anda lebih baik menyusui dengan duduk di kursi tegak daripada sofa yang empuk.

Jika cara-cara di atas tidak membantu mengurangi nyeri, sebaiknya Anda segera melakukan pemeriksaan ke dokter. 

0 Komentar

Belum ada komentar