Kulit

Perawatan Wajah untuk Jenis Kulit Kombinasi

Klikdokter, 09 Mar 2015

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Tipe kulit kombinasi memerlukan atensi khusus pula, sebagaimana jenis kulit lainnya. Berikut penjelasan selengkapnya disini.

Perawatan Wajah untuk Jenis Kulit Kombinasi

Klikdokter.com - Kulit kombinasi merupakan jenis kulit yang dimiliki oleh kebanyakan orang. Ditandai dengan area berminyak di daerah T, yaitu dahi, hidung, dan dagu, namun kering di daerah pipi dan sekitar mata. Untuk merawatnya, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan, di antaranya:

Pembersih 

Pembersih yang tepat untuk jenis kulit kombinasi adalah madu yang masih segar (raw honey). Mengapa madu? Selain bermanfaat untuk penyembuhan kulit, madu mampu membantu mempertahankan kelembapan pada area wajah yang kering. Madu pun kaya akan mineral, vitamin (seperti vitamin B dan biotin), serta antioksidan.

Toner

Toner penting untuk mengangkat sisa pembersih, riasan, sel kulit mati, dan minyak yang tersisa dan tidak terangkat oleh pembersih wajah. Untuk pemilik kulit kombinasi, toner mampu menghilangkan sebum berlebih dari area wajah yang berminyak, serta melembapkan area yang kering. Anda dapat membuat larutan mentimun atau air mawar sebagai toner alami.

Halaman berikut menjelaskan beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk pemilik kulit kombinasi lainnya:

Halaman berikut menjelaskan beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk pemilik kulit kombinasi lainnya:

H2 Health & Happiness

Pelembap

Pilihlah pelembap yang mengandung gliserin untuk melembapkan kulit. Gunakan pada area wajah yang kering, seperti sekitar bibir dan bawah mata, untuk menghindari garis halus. Pada area wajah yang cenderung berminyak, oleskan pelembap tipis-tipis saja.

Masker

Masker krim merupakan pilihan tepat bagi mereka yang memiliki kulit kombinasi, karena dapat dipadukan dari beberapa jenis bahan masker. Untuk daerah kering, gunakan masker untuk kulit kering, sedangkan untuk daerah berminyak misalnya daerah T, gunakan masker untuk kulit berminyak. Kenakan masker krim pada wajah dan leher, tunggu hingga kering (+ 15 menit) dan angkat dengan menggunakan handuk yang hangat.

PerawatancantikCantik SehatKulit. Kombinasi

Konsultasi Dokter Terkait