Kulit

Benarkah Jeruk Nipis Bisa Mengobati Jerawat?

Siti Putri Nurmayani, 30 Okt 2023

Ditinjau Oleh dr.Atika

Jeruk nipis memang punya beragam manfaat untuk tubuh. Namun, bisakah jeruk nipis mengobati jerawat? Simak faktanya di sini!

Benarkah Jeruk Nipis Bisa Mengobati Jerawat?

Kulit berjerawat menjadi masalah yang sering dialami oleh kebanyakan orang. Kondisi kulit yang satu ini tentu dapat mengganggu penampilan. Tak heran banyak orang yang rela melakukan segala macam cara untuk menghilangkannya dengan cepat.

Terkadang, beberapa orang juga menggunakan jeruk nipis untuk mengatasi masalah kulit berjerawat. Bahan alami yang satu ini dianggap memiliki kandungan yang bisa membantu mengobati jerawat. 

Namun, benarkah ada manfaat jeruk nipis untuk jerawat? Bagaimana cara menggunakannya? Mari ketahui jawaban lengkapnya di sini.

Benarkah Jeruk Nipis Bisa Mengatasi Jerawat?

Pada dasarnya, jerawat yang muncul di kulit dapat disebabkan oleh banyak hal. Mulai dari faktor genetik, hormon, lingkungan, hingga makanan. Jeruk nipis diketahui punya efek antibiotik alami yang bisa membantu mengatasi masalah jerawat.

Sayangnya, hingga saat ini belum banyak penelitian mengenai kemampuan ekstrak jeruk nipis untuk mengatasi jerawat.

“Hanya ada satu penelitian yang menunjukkan bahwa ekstrak jeruk nipis bisa mengobati jerawat. Namun sayangnya, penelitian tersebut menggunakan jumlah sampel yang sangat sedikit, sehingga hasilnya kurang meyakinkan,” tutur dr. Atika.

Dilanjutkan Dokter Atika, terdapat jurnal lain yang menunjukkan bahwa ekstrak jeruk nipis bisa membunuh bakteri penyebab jerawat. Namun, dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efektivitas dari manfaat jeruk nipis yang satu ini.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Kulit Berjerawat

Meski masih terbatasnya penelitian tentang jeruk nipis bermanfaat untuk jerawat, namun beberapa orang tetap menggunakan bahan alami ini. Berikut sejumlah manfaat dari jeruk nipis:

1. Tinggi Antioksidan 

Jeruk nipis ternyata kaya akan senyawa aktif yang berfungsi sebagai antioksidan. Bahan alami ini mengandung flavonoid, limonoid, kaempferol, quercetin, dan asam askorbat.

Antioksidan sendiri punya sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit, sehingga dapat menurunkan risiko munculnya jerawat.

Artikel Lainnya: Manfaat Mandi Jeruk untuk Kesehatan Kulit Anda

2. Mengurangi Peradangan

Jeruk nipis kaya akan vitamin C yang bersifat anti-inflamasi, sehingga dapat membantu mengurangi kemerahan dan bengkak akibat jerawat.

Tak hanya itu, vitamin C juga dapat memperbaiki tampilan bekas jerawat. Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan oleh Scars, Burns, & Healing, bekas jerawat dapat disebabkan oleh kebiasaan memencet jerawat. 

3. Menghilangkan Bakteri Penyebab Jerawat 

Disampaikan dr. Atika, terdapat jurnal yang menunjukkan bahwa ekstrak jeruk nipis bisa membunuh bakteri penyebab jerawat (Propionibacterium acnes), namun pengujian yang dilakukan masih bersifat vitro atau dilakukan di laboratorium.

Untuk menyimpulkan apakah jeruk nipis benar-benar bisa mengatasi jerawat, diperlukan lebih banyak penelitian lain.

4. Mengangkat Sel Kulit Mati

Asam sitrat yang terkandung di dalam jeruk nipis bisa membantu membersihkan sel-sel kulit mati. Pasalnya, kulit mati yang menempel di wajah biasanya akan membuat pori-pori tersumbat.

Penggunaan jeruk nipis bisa dijadikan sebagai scrub yang dapat membersihkan sel-sel kulit mati.

5. Meningkatkan Kolagen

Kandungan vitamin C yang ada di dalam jeruk nipis juga dapat membantu merangsang produksi kolagen. 

Kolagen dapat mendukung proses pergantian sel kulit. Dengan begitu, jerawat dan bekas jerawat bisa teratasi dengan baik.

Artikel Lainnya: Ampuhkan Jeruk Nipis Mengatasi Panu?

Cara Pakai Jeruk Nipis untuk Kulit Berjerawat

Inilah Manfaat Jeruk Nipis Bagi Tubuh Anda

Mengingat bahwa studi tentang jeruk nipis untuk jerawat masih sangat terbatas, maka penggunaan jeruk nipis untuk mengatasi jerawat harus dipertimbangkan kembali.

Bukan tidak mungkin tindakan mengoleskan jeruk nipis secara langsung ke wajah dapat memperparah kondisi yang ada.

Bila ingin menggunakannya, mungkin kamu bisa memilih produk perawatan wajah yang mengandung jeruk nipis.

Selain itu, bisa juga membuat masker jeruk nipis yang ditambahkan dengan madu dan tomat. Namun, pastikan untuk masker ini tidak terkena baju. Pasalnya, jika tidak sengaja menetes, ini bisa menimbulkan noda di pakaian.

#JagaSehatmu dengan tetap berhati-hati dalam menggunakan jeruk nipis untuk kulit. Agar lebih aman, pastikan untuk konsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Yuk, gunakan layanan Tanya Dokter kulit di aplikasi KlikDokter untuk konsultasi yang lebih praktis dan layanan Temu Dokter kulit untuk booking dokter mudah dan cepat.

(NM)

obatjerukCantik SehatNipisJerawat

Konsultasi Dokter Terkait