Kulit

Sering Pakai Make-up? Ini Cara Agar Kulit Tetap Sehat

Tim Redaksi KlikDokter, 08 Mar 2015

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Kulit yang sering terpapar riasan kerap menimbulkan masalah pada kulit wajah. Berikut ini ada beberapa kiat untuk mengatasi kulit tetap sehat dan cantik meski sering pakai make-up.

Sering Pakai Make-up? Ini Cara Agar Kulit Tetap Sehat

Klikdokter.com – Pemakaian riasan, jika tidak diiringi dengan kebersihan, tentu akan menimbulkan masalah serius pada wajah. Karena itu, membersihkan wajah merupakan perawatan dasar yang harus dilakukan setiap hari.

Membersihkan wajah dilakukan dengan tujuan untuk mengangkat dan menghilangkan kotoran yang melekat pada kulit wajah dan leher.

Kotoran bisa berupa debu, minyak, riasan, dan sebagainya. Agar kulit tetap sehat meski memakai riasan setiap hari, terapkanlah kiat-kiat di halaman berikut ini:

1. Disiplin Membersihkan wajah

Sebelum memakai riasan, sebaiknya segarkan kulit dengan pembersih terlebih dulu. Saat tidur, bilas wajah untuk menghilangkan kotoran dan minyak, serta memastikan riasan sudah terangkat.

Ada beberapa kiat perawatan membersihkan wajah, tergantung jenis kulit Anda:

1. Untuk Kulit Berminyak

pilihlah pembersih dengan asam salisilat karena dapat menyerap minyak berlebih.

2. Untuk Kulit Normal, dan Kombinasi

Gunakan pembersih krim karena dapat mempertahankan minyak alami tanpa membuat kulit kering. 

3. Untuk kulit Sensitif

Kulit sensitif biasanya ditenggarai oleh kondisi pencetusnya, yakni jenis kulit kering. Untuk kulit sensitif, juga bisa menggunakan pembersih krim asal bahan-bahannya hipoalergenik.

Halaman berikut terdapat kiat lainnya untuk menjaga kesehatan kulit tetap cantik dan sehat meski sering pakai make-up

2. Melakukan Eksfoliasi Kulit

Eksfoliasi kulit, atau dikenal umum dengan peeling. Peeling dapat dilakukan dengan catatan tergantung dari jenis kulit yang ada.

Untuk kulit normal dan berminyak, jika Anda memakai riasan setiap hari. pori-pori harus selalu dibersihkan dengan eksfoliasi atau pengelupasan sel-sel kulit mati. Sangat bijaksana untuk melakukan konsultasi kepada dokter Anda sebelum melakukan peeling.

Untuk kulit kering, eksfoliasi atau peeling tidak disarankan. Oleh karena itu, jangan sembarangan melakukan peeling, jika Anda sebelumnya tidak ada pemantauan dari dokter.

Halaman berikut terdapat kiat lainnya untuk menjaga kesehatan kulit tetap cantik dan sehat meski sering pakai make-up.

3. Menggunakan Pelembap

Setelah membersihkan wajah, pakailah pelembap yang tepat untuk jenis kulit Anda. Jika Anda memiliki kulit berminyak, gunakan produk yang memiliki asam glikolat.

Untuk kulit kering dan normal, pilihlah pelembap yang hipoalergenik atau antialergi. Untuk kulit kombinasi, pakai pelembap bebas minyak dan hipoalergenik.

Untuk memilih pelembab pun, disarankan ada baiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda.

Halaman berikut terdapat kiat lainnya untuk menjaga kesehatan kulit tetap cantik dan sehat meski sering pakai make-up

4. Bersihkan Alat Rias Secara Rutin

Bakteri pada alat rias dapat berdampak pada kulit. Oleh sebab itu, sering-seringlah membersihkan alat rias dengan sabun berformula lembut. Ganti alat kosmetik seperti brush dan spons dengan yang baru jika sudah terlalu lama digunakan.

Selain itu, Anda juga perlu mengetahui tanggal kedaluwarsa alat rias. Cara yang paling jelas untuk mengetahuinya adalah dari perubahan warna dan bau. Jika terdapat indikasi tersebut, Anda harus segera membuang kosmetik Anda.

Make UpwajahSensitifriasanCantik SehatJerawat

Konsultasi Dokter Terkait