HomeIbu Dan anakKesehatan AnakCara Agar Anak Tidak Mudah Sakit di Musim Hujan
Kesehatan Anak

Cara Agar Anak Tidak Mudah Sakit di Musim Hujan

dr. Mega Putri, 04 Mar 2015

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Pergantian musim disebut sebagai waktu-waktu yang rentan munculnya penyakit. Berikut ada cara menjaga anak tidak mudah sakit di musim penghujan ini. Berikut ini saran dr. Mega Putri.

Cara Agar Anak Tidak Mudah Sakit di Musim Hujan

Klikdokter.com – Pergantian musim penghujan atau pun cuaca tidak menentu kerap kali disebut sebagai biang kerok munculnya beragam penyakit.

Dari merebaknya pilek, batuk, influenza, diare, hingga potensi munculnya penyakit infeksius macam leptospirosis yang merupakan dampak dari banjir akibat debit air meningkat karena hujan terus menerus.

Ditambah lagi, bakteri dan sejenisnya didukung kondisi angin dan kelembaban tak menentu seolah semakin mendukung penyebaran penyakit kian progresif. Tak ayal, sering juga menyebabkan Si Kecil lebih rentan terpapar oleh virus dan bakteri yang berbahaya.

Untuk menjaganya tetap sehat dan anak tidak mudah sakit, halaman berikut ini ada cara-cara yang bisa Anda terapkan:

1. Mencuci Tangan

Mencuci tangan menggunakan sabun merupakan cara yang paling efektif untuk mencegah kuman menyebar. Sekitar 80% penyakit menular yang disebarkan oleh sentuhan tangan. Ajarkan Si Kecil untuk mencuci tangan sebelum makan, saat mandi, dan setelah dari toilet.

2. Minum Air

Minum air merupakan bentuk tidak langsung dari pencegahan untuk segala macam penyakit. Air juga mampu membersihkan kuman melalui sistem saluran kencing, sehingga dapat mencegah infeksi saluran kemih.

3. Lindungi Diri dari Air Kotor

Genangan air yang kotor merupakan hal yang biasa kita lihat pada musim hujan. Dari sana sumber penyakit seperti diare, flu, kolera, bahkan infeksi jamur bermula. Untuk melindungi Si Kecil dari penyakit, siapkan jaket dan sepatu khusus hujan.

4. Berolahraga

Hujan dan cuaca dingin bukanlah alasan untuk bermalas-malasan. Ajak Si Kecil untuk tetap aktif dengan berolahraga di rumah, misalnya melakukan permainan lompat tali atau video games yang membuat anak harus bergerak seperti Wii Fit dan Dance Dance Revolution.

5. Segera Mandi Jika Kehujanan

Jika Si Kecil kehujanan, segeralah ajak mandi untuk melindungi dirinya dari berbagai jenis infeksi. Jangan memasuki ruangan ber-AC setelah terguyur hujan, karena akan mengakibatkan demam atau batuk.

6. Bersihkan Rumah dari Nyamuk

Populasi nyamuk semakin berkembang pada musim hujan. Bersihkan rumah secara teratur. Perhatikan tempat-tempat yang biasa menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk, seperti pot bunga, selokan dekat rumah, jendela, dan lain-lain.

HujanPenyakitMusimSerba-Serbi Alergi Anak

Konsultasi Dokter Terkait