Sukses

Cara Masak yang Benar dan Sehat untuk Makanan Si Kecil

Tergantung cara masaknya, jika salah bisa-bisa anak malah sakit-sakitan. Disini ada panduan Anda bagaimana memasak dan mengolah makanan yang sehat untuk Si Kecil selengkapnya.

Klikdokter.com – Proses pengolahan makanan akan berpengaruh pada kesehatan. Memasak dengan cara yang tepat akan menjaga kandungan gizi dan memudahkan zat-zat penting dalam makanan diserap oleh tubuh.

Sebaliknya cara memasak yang salah akan mengubah makanan kaya nutrisi menjadi makanan yang kurang sehat. Jika sudah begitu, anak bukannya sehat tapi malah sakit-sakitan. Untuk mendapatkan gizi yang optimal, berikut ini adalah cara pengolahan bahan makanan yang tepat:

Apel dan Pir

Pilihlah jenis yang manis kemudian kupas. Buang sumbu buah serta bijinya. Peras dengan juice extractor untuk mengambil airnya saja atau dengan blender untuk menyertakan daging buahnya. 

Pisang Ambon

Pilihlah yang benar-benar matang. Ambil daging buahnya mulai dari ujung hingga ke tengah. Haluskan dengan bantuan punggung sendok.

Semangka

Pilihlah yang daging buahnya manis. Buang semua bijinya kemudian haluskan dengan blender.

Halaman berikut terdapat beberapa cara masak menu lainnya yang sehat dan benar untuk Si Kecil.

1 dari 3 halaman

Beberapa Jenis Makanan & Cara Pengolahan yang Tepat untuk Si Kecil

Jeruk

Pilihlah jeruk manis, seperti jenis keprok atau jeruk bayi. Belah menjadi dua, kemudian buang bijinya. Peras airnya, kemudian saring.

Alpukat

Pilihlah yang benar-benar tua. Belah dan buang bijinya. Cuci bagian dalamnya dengan air matang, kemudian ambil daging buahnya tipis-tipis dengan sendok.

Jambu Biji

Pilihlah yang matang. Kupas lalu buang seluruh bijinya. Haluskan daging buahnya dengan blender.

Bayam Merah/Hijau

Ambil daunnya, cuci, kemudian rebus sampai matang. Iris-iris halus atau bisa juga dengan menggunakan blender.

Wortel

Pilihlah yang muda dan tidak kehijauan di pangkalnya. Cuci sampai bersih, kupas, kemudian rebus sampai matang. Haluskan dengan blender.

Labu Kuning

Pilihlah labu yang tua dan berdaging tebal. Kupas kulitnya, kemudian rebus sampai empuk. Haluskan dengan blender.

Brokoli

Potong brokoli menurut kuntumnya. Rendam sebentar dengan air garam, kemudian rebus sampai empuk. Haluskan dengan blender.

Tahu

Pilihlah tahu yang putih. Cuci terlebih dahulu, kemudian dihaluskan.

Tempe

Pilihlah tempe yang masih segar dan jamurnya tidak kehitaman. Kukus sampai matang dan empuk. Haluskan.

Berikut ini beberapa jenis makanan dan cara memasak yang benar lainnya bagi Si Kecil:

2 dari 3 halaman

Beberapa Jenis Makanan & Cara Pengolahan yang Tepat untuk Si Kecil

Telur

Rebus telur sampai benar-benar matang. Bila ingin memakai kuningnya, haluskan cukup dengan punggung sendok. Namun, bila akan memakai putih telur, proses dengan blender bersama bahan lainnya.

Hati Ayam

Rebus hati terlebih dahulu sampai benar-benar matang. Setelah dingin, parut dengan pemarut kelapa. Campurkan hati ke dalam makanan bayi.

Ayam

Pakailah fillet bagian dada, karena bagian ini tidak mengandung kulit dan lemak. Giling atau cincang dagingnya sampai halus.

Daging sapi

Pilihlah daging yang tanpa lemak. Giling atau cincang sampai halus.

0 Komentar

Belum ada komentar