Sukses

Gendong Bayi Jangan Diayun-ayun!

Mengayun-ayun atau mengguncang sekallipun lembut untuk maksud menenangkan bayi ternyata bisa menyebabkan kematian pada bayi. Berikut penjelasan dr. Dina Kusumawardhani disini.

KlikDokter.com - Kita semua tentu ingin menjadi orangtua yang baik dan memiliki anak yang normal dan sehat. Merawat dan membesarkan anak bukanlah sesuatu yang mudah. Dibutuhkan kesabaran dan pengetahuan tentang cara merawat bayi.

Seringkali kita melihat para ibu menggendong sambil mengayun bayi agar tidur atau agar mereka berhenti menangis. Bahkan ada pula orang tua yang mengguncang tubuh bayi saat menangis karena merasa kesal. Ingatlah, mengayun atau mengguncang bayi sangat berbahaya!                                                                  

Mengayun, menggoyang, atau mengguncang bayi dapat menyebabkan masalah serius yang disebut shaken baby syndrome. Akibat yang ditimbulkan diantaranya:

  • Kematian
  • Kerusakaan otak atau perdarahan otak dan mata
  • Kebutaan
  • Kelumpuhan
  • Epilepsi/ kejang

Kenapa hal tersebut bisa terjadi? Halaman beikut penjelasannya:

1 dari 2 halaman

Kenapa Hal Tersebut Bisa Terjadi?

bayi, mati, gendong,Ukuran kepala bayi cenderung lebih besar disbanding tubuhnya dan memiliki leher yang lemah sehingga tidak bisa menahan tekanan akibat guncangan. Otak bayi juga sangat rapuh, saat diayun otak dapat membentur tulang tengkorak dan menyebabkan lebam, bengkak, sampai perdarahan di otak atau retina mata.

Shaken baby syndrome paling sering terjadi pada bayi berusia kurang dari 1 tahun karena mereka lebih sering menangis. Meskipun begitu, shaken baby syndrome dapat terjadi pada anak usia berapa pun.

Ingatlah bahwa semua bayi menangis. Menangis merupakan cara bayi mengungkapkan perasaan dan keinginannya kepada Anda. Jika Anda bisa mencari tahu alasan bayi menangis, maka mereka akan berhenti menangis. Bayi biasanya menangis karena lapar, lelah, popok basah, takut, sakit, atau membutuhkan perhatian.

Merupakan hal yang normal bila bayi sehat menangis setiap 2-3 jam. Jika Anda sudah mencoba memberi perhatian, memberi makan, mengganti popok, namun bayi tetap menangis, ingatlah: seberapapun lelah, marah, dan frustasinya Anda, JANGAN pernah mengayun atau mengguncang tubuh bayi! Yang mereka butuhkan adalah perhatian dan kasih sayang.

Jika Anda memiliki babysitter, beritahukan betapa pentingnya hal ini kepada mereka. Jangan sampai Anda kehilangan bayi Anda karena ketidaktahuan tentang bahaya shaken baby syndrome.

0 Komentar

Belum ada komentar