Sukses

8 Cara Agar Si Kecil Senang Olahraga

Badan sehat dilatih melalui olahraga, anak yang sehat pun bisa dibentuk melalui kebiasaan berolahraga. Baca 8 cara praktis berikut ini untuk mengajari anak pentingnya berolahraga:

Klikdokter.com - Keseimbangan kegiatan anak-anak penting untuk diperhatikan. Selain belajar secara akademis, mendorong mereka untuk mencintai olahraga dan melakukan aktivitas fisik yang menyenangkan juga bermanfaat untuk tumbuh kembangnya.

Olahraga tidak harus berupa sepakbola dan renang. Namun, semua kegiatan fisik yang bisa Anda nikmati bersama mereka. Baca 8 cara berikut ini untuk mengajari anak pentingnya berolahraga:

1. Lakukan bersama-sama dengan orangtua

Setelah makan malam selesai, jauhi TV dan cemilan. Pergilah keluar berjalan kaki bersama anak. Sembari berjalan, cari topik yang menarik untuk diperbincangkan agar anak senang.

2. Lakukan selama satu jam per hari

Anak-anak perlu bergerak setidaknya selama 60 menit per hari. Contoh kombinasi olahraga yang diperlukan adalah:

  • Aerobik (lari dan jalan cepat)
  • Kekuatan otot (push up)
  • Kekuatan tulang (lompat tali)

Tetapi, semua latihan tersebut tidak perlu dilakukan secara bersamaan. Mereka dapat melakukannya selang-seling dengan aktivitas lainnya. Halaman berikut terdapat tips agar anak menyukai olahraga lainnya:

1 dari 3 halaman

Kiat Membuat Anak Gemar Berolahraga

Morinaga Platinum

3. Gunakan step counter

Jadikan kesenangan anak pada alat elektronik sebagai cara untuk memotivasi mereka. Aplikasi step counter (alat penghitung langkah) pada telepon genggam dapat mendorong mereka untuk bergerak lebih banyak atau lebih cepat.

4. Cari lokasi baru

Ajak mereka untuk beraktivitas di tempat terbuka yang menyenangkan, seperti taman atau lapangan luas. Berpiknik dengan keluarga atau teman-teman anak juga salah satu cara yang bisa dilakukan.

5. Bergabung dalam kelas olahraga

Kelas-kelas seperti aikido, tari tradisional, dan tenis bisa menjadi cara yang bagus untuk mendorong anak lebih banyak gerak. Kunjungi kelas olahraga terdekat dan biarkan anak memilih apa yang ia sukai.

6. Main video games

Pilihlah video games yang membuat anak harus bergerak aktif, misalnya Wii Fit dan Dance Dance Revolution. Namun, batasi waktu bermainnya hanya selama dua jam per hari. (Baca: Efek Positif Video Games Pada Anak)

Halaman berikut terdapat saran dan tips lainnya agar anak menggemari olahraga lainnya.

2 dari 3 halaman

Kiat Lainnya Membuat Anak Cinta Olahraga

Morinaga Platinum

7. Jangan memaksa, tetapi membiasakan

Jangan memaksa anak untuk berolahraga. Sebaliknya, ajak mereka keluar rumah sesering mungkin agar mereka banyak bergerak. Anda bisa memintanya untuk membantu menanam bunga atau berjalan kaki ke supermarket. Jadikan kegiatan tersebut sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari, bukan sesuatu yang “harus” dilakukan.

8. Semangati anak

Jika anak terlihat malas-malasan, jangan menyerah. Puji anak ketika ia sudah melakukan yang terbaik. Ajak ia melakukan aktivitas yang tidak memerlukan kompetisi seperti berenang atau bersepeda. Cobalah olahraga yang berbeda-beda setiap minggu ketimbang melakukan aktivitas fisik yang sama setiap hari. Kuncinya adalah membantu anak untuk menemukan hobi mereka atau hal yang benar-benar mereka sukai. 

0 Komentar

Belum ada komentar