Sukses

Cara Agar Anak Tidak Cemburu Dengan Adik Baru

Berikut adalah langkah-langkah mempersiapkan anak dalam menyambut adik baru, tanpa membuahkan rasa cemburu kepada si calon kakak. Selengkapnya bersama dr. Dyah Novita Anggraini disini.

Klikdokter.com – Kelahiran adik baru merupakan peristiwa yang menyenangkan. Masa kehamilan dan masa penantian dapat saja menjadi masa yang tenang, namun saat adik baru lahir semua bisa berubah. Karenanya, setiap anggota keluarga terutama anak pertama, perlu dipersiapkan dengan perubahan ini.

Bagi anak pertama, sibling relationship diawali ketika adik baru hadir dalam keluarga. Kehadiran adik akan menimbulkan pengalaman yang beragam dalam diri setiap anak. Kehadiran adik dapat menjadi teman baru, pembelajaran untuk sikap saling berbagi, sekaligus mengembangkan kemampuan sosialnya. Tetapi, kehadiran adik juga sering kali ditandai dengan penurunan kualitas dan kuantitas interaksi ibu dengan anak pertamanya. Hal inilah yang perlu Anda hindari.  

Berikut adalah langkah-langkah mempersiapkan anak dalam menyambut adik baru, yang disesuaikan dengan tahapan usia:

1 dari 2 halaman

Berikut adalah langkah-langkah mempersiapkan anak dalam menyambut adik baru, yang disesuaikan dengan tahapan usia:

Cerebrofort Multivitamin Lengkap untuk Tumbuh Kembang Anak

Anak di Bawah 2 Tahun

Anak mungkin belum sepenuhnya paham mengenai konsekuensi kehadiran si adik bayi. Bicaralah dengannya tentang tambahan anggota keluarga baru di rumah. Perlihatkan buku-buku bergambar tentang bayi dan keluarga agar ia mengerti. Luangkan waktu untuk bermain dengannya saat si adik bayi tidur.

Anak Usia 2 Sampai 4 Tahun

Biasanya anak pada usia ini merasa tidak nyaman ketika orangtua membagi perhatian dengan adik yang baru lahir. Jelaskan pada anak yang lebih tua bahwa adik cenderung membutuhkan banyak perhatian. Dorong keterlibatan si sulung dengan membawanya berbelanja kebutuhan adik. Bacakan mengenai dongeng bayi, saudara dan saudari pada si sulung. Berikan ia boneka sehingga ia bisa berpura-pura menjadi pengasuh. Perlihatkan foto-fotonya saat masih bayi sambil menceritakan tentang kelahirannya.

Anak Usia Sekolah

Anak yang lebih tua juga bisa merasa cemburu terhadap banyaknya perhatian yang didapatkan adiknya. Bicaralah dengannya tentang kebutuhan si adik bayi. Tunjukkan beberapa keuntungan menjadi anak yang lebih tua seperti bisa bermain dengan banyak mainan dan sebagainya. Anda juga dapat melibatkannya dalam pengasuhan, misalnya memintanya mengambil popok atau baju ganti untuk adik bayi. Biarkan anak menggendong adiknya di bawah pengasuhan Anda. 

0 Komentar

Belum ada komentar