Sukses

Sering Haus Pas Hamil, Normalkah?

Biasanya sering haus di trimester ketiga, penyebabnya macam-macam. Wajarkah terjadi? Berikut penjelasan dr. Dyah Novita Anggraini

KlikDokter.com - Terkadang rasa haus dirasakan oleh banyak wanita hamil, terutama pada awal kehamilan hal ini bisa merupakan suatu tanda akibat terjadi perubahan-perubahan pada tubuh selama kehamilan dan menjadi tanda bahwa Anda dan janin membutuhkan cairan tambahan yang lebih banyak.

Rasa haus juga dapat terjadi pada trimester ketiga. Hal ini biasanya disebabkan karena rahim semakin membesar maka terjadi penekanan pada kantung kemih sehingga frekuensi BAK semakin meningkat dan hal ini dapat menyebabkan rasa haus.

Berikut penyebab dari rasa haus yang muncul selama kehamilan:

1. Peningkatan Hormon

Pada kehamilan terjadi ketidakseimbangan hormon, salah satunya adalah peningkatan hormon estrogen. Peningkatan hormon ini dapat menimbulkan rasa haus.

Halaman berikut adalah penyebab sering haus selama kehamilan.

1 dari 4 halaman

Penyebab Lainnya Sering Haus Selama Kehamilan

sering, haus, hamil2. Peningkatan Volume Darah

Suplai darah ke dalam rahim meningkat seiring dengan perkembangan rahim dan memenuhi kebutuhan plasenta yang mulai berfungsi. Kebutuhan darah ini sangat penting untuk nutrisi janin dan asupan oksigen dimana darah berfungsi sebagai transportasi oksigen ke seluruh tubuh. Nutrisi dan oksigen ini sangat dibutuhkan sel-sel untuk terus berkembang.

Peningkatan volume darah meningkat sebanyak 40% selama kehamilan. Peningkatan volume darah terjadi selama kehamilan mulai pada 10-12 minggu usia kehamilan dan secara progresif sampai dengan usia kehamilan 30-34 minggu. Selama hamil, volume darah meningkat kira-kira 1500ml.

Oleh karena itu seiring adanya peningkatan volume darah yang berbanding lurus  dengan bertambahnya usia kehamilan, sebagian besar wanita hamil merasakan gejala haus karena kebutuhan darah yang semakin meningkat tersebut.  

Halaman berikut adalah penyebab sering haus selama kehamilan.

2 dari 4 halaman

Penyebab Lainnya Sering Haus Selama Kehamilan

3. Untuk Hidrasi

Cairan dibutuhkan selama kehamilan salah satunya digunakan untuk memproduksi cairan kantung amnion. Kantung amnion berfungsi untuk melindungi bayi. Cairan juga dibutuhkan ginjal untuk membuang sisa-sisa pembuangan dari dalam tubuh, termasuk sisa pembuangan yang dikeluarkan oleh janin.

4. Penurunan tekanan darah

Pada saat kehamilan, terkadang terjadi penurunan tekanan darah di 24 minggu pertama kehamilan. Karena hal ini jantung memompa darah lebih banyak dan bekerja lebih berat ke seluruh tubuh. Gejala penyerta penanda terjadi penurunan tekanan darah selain gejala haus adalah nafas lebih cepat dan dalam, pucat, mual, penglihatan kabur dan pusing.

Halaman berikut terdapat saran bagaimana mengatasi masalah rasa haus selama kehamilan:

3 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Rasa Haus Saat Hamil:

  • sering, haus, hamilMinumlah air secukupnya, minimal 8 gelas perhari.
  • Perbanyak asupan sayur dan buah.
  • Minum jus buah atau susu.
  • Hindari asupan tinggi garam  dan soda. Garam mengandung sodium (natrium) yang menyebabkan retensi cairan (cairan tertahan di dalam tubuh) dan hal ini memicu terjadi gangguan dehidrasi. Dehidrasi yang terjadi saat kehamilan dapat berbahaya, hal ini dapat menyebabkan konstipasi (susah BAB) atau lemas dan pada kasus yang lebih parah akan memicu kelahiran prematur atau keguguran.

Terkadang rasa haus timbul karena proses normal perubahan-perubahan saat hamil seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Namun di sisi lain gejala ini dapat merupakan indikasi dari suatu penyakit.

Oleh karena itu Anda harus segera melakukan konsultasi dengan dokter kandungan Anda jika gejala ini dirasakan terus-menerus selama kehamilan terutama jika disertai gejala penyerta lain seperti peningkatan frekuensi BAK dan rasa lelah yang berlebihan.

0 Komentar

Belum ada komentar