Sukses

Pegal Otot Setelah Berolahraga, Ini Solusinya

Bagaimana cara menangangi pegal otot yang tepat setelah berolahraga? Disini ada tips gampangnya >>

Klikdokter.com – Rasa pegal setelah berolahraga memang keluhan yang sering muncul. Metode latihan yang salah merupakan penyebab yang paling lazim, yakni diantaranya adalah:

  • tidak dilaksanakannya pemanasan dan pendinginan yang memadai sehingga latihan fisik yang terjadi secara fisiologis tidak dapat diadaptasi oleh tubuh;
  • serta penggunakan intensitas, frekuensi, durasi, dan jenis latihan yang tidak sesuai dengan keadaan fisik seseorang maupun kaidah kesehatan secara umum.

Menurut American Council on Exercise, pegal otot karena latihan fisik dibagi menjadi dua kategori.

  • Pertama adalah pegal otot yang datang saat Anda sedang berolahraga atau setelah Anda berolahraga;
  • Kedua adalah pegal otot yang timbul setelah sehari atau dua hari berolahraga.

Bagaimana cara menangangi pegal otot yang tepat setelah berolahraga? Baca penjelasannya di bawah ini: 

1 dari 3 halaman

Bagaimana cara menangangi pegal otot yang tepat setelah berolahraga? Baca penjelasannya di bawah ini:

Neuralgin Rhema

1. Pijat otot

Pijat dapat membuat otot-otot rileks dan menjaga kontraksi hingga batas mininum. Hindari tekanan yang terlalu kuat pada area yang nyeri, cukup memijat dengan lembut.

2. Gunakan kompres es

Cara lain yang bisa dilakukan adalah menempelkan es pada area yang nyeri karena dapat mengurangi rasa sakit dan pembengkakkan. Berendam dalam air dingin juga dapat dicoba untuk meningkatkan sirkulasi darah.

3. Obat penghilang rasa sakit

Anda juga dapat mengonsumsi obat pereda nyeri yang mengandung paracetamol dan ibuprofen untuk mengurangi rasa sakit. Agar tidak terjadi efek samping yang tidak diinginkan, berkonsultasilah terlebih dulu dengan dokter sebelum penggunaan.

Bagaimanakah cara mencegah nyeri otot dan pegal setelah berolahraga? Berikut penjelasannya:

2 dari 3 halaman

Pencegahan Sakit Otot Setelah Olahraga

Neuralgin Rhema

nyeri, otot, pemanasanUntuk mencegah terjadinya pegal otot, lakukan pemanasan yang sesuai dengan olahraga yang hendak dilakukan. Misalnya, jika Anda ingin berlari, fokuskan peregangan pada paha belakang, paha depan, perut, dan otot punggung. Jangan lupa juga untuk selalu mengonsumsi sayur dan buah-buahan, karena kekurangan nutrisi penting akan membuat serat-serat otot melemah.

Selama berolahraga, sebelum melaksanakan latihan selanjutnya, sebaiknya Anda beristirahat dulu dan melakukan peregangan selama beberapa menit. Hal itu akan mencegah cedera serta mengurangi nyeri pada otot.

Disarankan juga untuk melakukan latihan alternatif sebagai pendamping. Contohnya, jika hari sebelumnya Anda melakukan angkat beban, hari selanjutnya Anda bisa mencoba latihan yang lebih ringan seperti berjalan kaki atau Pilates.

Jika pegal otot terjadi karena cedera, atau cara-cara di atas tidak membantu menghilangkan nyeri selama tiga hari, segera hubungi dokter untuk perawatan serta penanganan yang tepat.  

0 Komentar

Belum ada komentar