Sukses

Baca Ini Supaya Migrain Tidak Kambuh Lagi

Gaya hidup sehat yang seperti apa yang bisa membantu mencegah migraine tidak kambuh lagi? Berikut tips dr. Dyah Novita Anggraini disini.

Klikdokter.com – Meringankan migrain tidak hanya dengan obat-obatan. Anda bisa memulai gaya hidup sehat untuk mengurangi frekuensi serta nyeri di kepala.

Pada dasarnya, kombinasi gaya hidup sehat dan perawatan medis merupakan cara yang paling efektif untuk menangani dan mencegah migrain.

Tapi gaya hidup sehat yang seperti apa yang bisa membantu mencegah migraine tidak kambuh lagi? Apa saja yang dapat Anda lakukan untuk memulai gaya hidup sehat?

Untuk langkah sederhana, Anda bisa mencoba beberapa kiat di halaman berikut ini:

1 dari 7 halaman

Ciptakan lingkungan yang tenang

Neuralgin Rhema

  • ruangan, nyaman, lingkunganMatikan lampu. Migrain dapat menambah sensitivitas terhadap cahaya dan bunyi. Istirahatkan diri Anda sejenak di ruangan yang remang dan tenang, dan mulai pejamkan mata.
  • Coba terapi suhu. Letakkan kompres hangat atau dingin di kepala atau leher. Kompres dingin akan membuat efek kebas sehingga akan mengurangi rasa sakit. Sedangkan kompres hangat akan mengendurkan otot-otot yang tegang.
  • Pijat daerah yang nyeri. Tekan lembut kulit kepala dan kening. Hilangkan ketegangan pada otot dengan pijatan di leher atau bahu.
  • Minum-minuman berkafein. Dalam jumlah kecil, kafein bisa mengurangi rasa sakit kepala tahap awal atau meningkatkan efek penghilang rasa nyeri dari acetaminophen dan aspirin. Namun tetaplah berhati-hati, kebanyakan kafein dapat menyebabkan sakit kepala sesudahnya. 

Berikut tips mencegah kambuhnya migrain lainnya:

2 dari 7 halaman

Tidur cukup

Neuralgin Rhema

  • tidur, migrain, Sakit, kepalaAtur jam tidur. Tidurlah dengan waktu yang sudah ditetapkan, tak terkecuali saat akhir pekan. Jika ingin tidur pada siang hari, cukup 10-15 menit saja karena lebih dari itu malah akan mengganggu siklus tidur malam.
  • Bersantai pada akhir hari. Agar tidur lebih nyenyak, hindari kegiatan yang terlalu berat pada akhir hari. Lakukanlah kegiatan-kegiatan yang santai dan menenangkan seperti mendengarkan musik, berendam di bak mandi hangat, atau membaca buku. Perhatikan juga asupan nutrisi sebelum jam tidur, misalnya dengan tidak makan yang terlalu banyak atau mengonsumsi kafein secara berlebihan.
  • Minimalisir distraksi. Gunakan kamar tidur sesuai dengan fungsi utamanya, yakni sebagai tempat untuk beristirahat. Usahakan untuk tidak menonton televisi atau melakukan pekerjaan kantor di dalamnya. Tutup pintu kamar. Nyalakan kipas angin sebagai peredam dari berbagai gangguan suara di luar. 
  • Jangan memaksakan kantuk. Semakin Anda memaksakan diri untuk tidur, Anda justru akan semakin terjaga. Jika Anda tidak bisa tidur, baca buku atau lakukan aktivitas yang menenangkan hingga Anda mengantuk.
  • Periksa kandungan dari obat-obatan. Obat-obatan yang mengandung kafein atau stimulan lainnya dapat mengganggu tidur.

Berikut tips mencegah kambuhnya migrain lainnya:

3 dari 7 halaman

Makan sehat dan teratur

Neuralgin Rhema

  • Tetapkan waktu makan.

Seperti jam tidur, makanlah di waktu-waktu yang telah ditetapkan.

  • Jangan lewatkan jam makan.

Terutama sarapan, karena sangat penting untuk menjaga vitalitas sepanjang hari.

  • Hindari makanan pemicu migrain.

?Jika Anda merasa makanan yang mengandung keju, cokelat, dan kafein dapat mencetuskan migrain, segera hindari dari menu sehari-hari. 

Berikut tips mencegah kambuhnya migrain lainnya:

4 dari 7 halaman

Olahraga secara rutin

Neuralgin Rhema

olahraga, rutin, migrain, migraine, migrenSelama berolahraga, tubuh melepaskan zat kimia tertentu yang mampu memblokir sinyal rasa sakit ke otak. Zat-zat kimia tersebut membantu mengurangi kecemasan dan stres – dua faktor yang juga bisa mengakibatkan migrain.

Pilih olahraga yang Anda suka dengan pengawasan dokter. Jalan kaki, berenang, dan bersepeda merupakan pilihan yang baik.

Namun ingat, jangan berolahraga terlalu keras karena dikhawatirkan dapat memicu migrain. Berikut ini adalah cara mencegah kambuhnya migraine lainnya:

5 dari 7 halaman

Kelola stres dengan benar

Neuralgin Rhema

stres, depresi, migren, migrainDi antara berbagai kesibukan yang memenuhi hari-hari, jangan lupa untuk beristirahat sejenak atau melakukan meditasi. Hirup udara dalam-dalam untuk meregangkan otot-otot yang tegang.

Setelah selesai, duduk tenang selama satu atau dua menit. Berpikir positif juga dapat membantu Anda merasa lebih sehat dan bahagia.

Ketika sedang stres, naluri untuk menyendiri biasanya muncul. Padahal, hal terbaik yang bisa dilakukan untuk mengatasi tekanan adalah dengan tidak memendamnya.

Berceritalah mengenai masalah Anda kepada orang yang dipercaya, dengan begitu beban pun akan sedikit terlepas.

Bersantai sejenak di tempat yang tidak terlalu ramai, lalu nyalakan musik. Pilihlah musik yang lembut dan meditatif untuk menenangkan diri.

Berikut ini cara mencegah migrain kambuh lagi lainnya:

6 dari 7 halaman

Simpan catatan untuk migrain

Neuralgin Rhema

Ketika migrain datang, catatlah hal-hal penting seperti: jam berapa migrain kambuh, berapa lama migrain berlangsung, apa yang Anda sedang lakukan saat itu, dan lain-lain. Dengan begitu, Anda dapat mencegah migrain dengan mengubah pola dalam kehidupan sehari-hari. 

0 Komentar

Belum ada komentar